Meskipun Belum Ada Penginapan di Pulau Perak, Minat Pengunjung Tetap Tinggi

penginapan, di, pulau, perak, wisatawan, pulau, warga, seribu, gosong, dolphin, gugusan, pasir, tenda, kamping, pemerintah, kecil, administrasi, pantai, main, rekaman, dokumentasiPanorama sunset di Pulau Perak (sumber: pulauperak.com)

Menghabiskan waktu libur dengan berwisata ke atau pulau? Mungkin bagi sebagian orang itu terdengar menarik. Terlebih jika Anda mengunjunginya beramai-ramai dengan teman, sahabat, bahkan keluarga.

Menjelajahi tempat-tempat yang masih belum dikenal luas bisa menjadi salah satu kesenangan tersendiri. Seperti contohnya Pulau Perak. Pulau yang terdapat dalam kumpulan Pulau Seribu ini memiliki daya tarik tersendiri.

Pulau Perak adalah salah satu dari 23 pulau kecil lainnya yang masuk dalam wilayah administrasi Pulau Harapan. Dengan luas sekitar 3,06 hektare, pulau ini tidak berpenghuni dan diatur peruntukannya sebagai zona rekreasi atau .

Pulau tersebut mempunyai gugusan pulau dengan kumpulan pasir bernama Gosong Dolphin. Jili, penjaga pulau itu mengatakan, “Gosong Dolphin dapat terlihat bila air laut tidak mengalami pasang. Biasanya para pengunjung berfoto di gugusan pasir tersebut.”

Penghuni tetap Pulau Perak memang para penjaga dengan warung makanan dan minuman sebagai wadah usahanya. Untuk keindahannya, dari pinggir pantai Pulau Perak, Anda bisa melihat langsung dasar laut dengan pasir putih dan batuan koral yang berserak. Air lautnya terlihat jernih sehingga ikan atau coral di bagian dasarnya bisa dilihat langsung dari permukaan tanpa harus menyelam.

Menurut review pengunjung, tidak ada dan biaya resmi untuk memasuki Pulau Perak, kecuali biaya tambatan dan sandar perahu di dermaga sebesar Rp 25.000 per perahu.

Di pulau tersebut, ditumbuhi pohon-pohon besar rindang dan teduh, ditambah adanya beberapa kursi bambu yang sengaja didesain untuk berbaring atau rebahan, sehingga nyaman untuk dijadikan tempat melepaskan penat.

Pengunjung juga bisa bermain bola plastik di pinggir pantai atau main ayunan juga tak kalah asiknya, melengkapi rekaman dokumentasi Anda selama berlibur di pulau tersebut. Apabila Anda merasa waktunya kurang, bisa memutuskan untuk menginap di Pulau Perak. Memang, banyak pengunjung seringkali memutuskan menginap dengan mendirikan tenda (camping).

Di Pulau Perak belum ada penginapan. Jika Anda ingin menginap di penginapan, bisa di pulau lain di sekitarnya, misalnya di Pulau Harapan. Pulau tersebut mulai merasakan dampak banyaknya wisatawan yang berkunjung. Hal itu dibuktikan dengan banyak pula penginapan yang didirikan.

Menurut Camat Utara yang saat itu menjabat, Agus Setiawan, Pemerintah Kabupaten berencana menata permukiman di Pulau Kelapa, Pulau Harapan, dan Pulau Kelapa Dua dengan membangun lingkar luar selebar 4-6 meter.

Selain memudahkan wisatawan berkeliling pulau, jalan lingkar itu juga berfungsi menjadi pembatas wilayah permukiman. Warga dilarang membangun di luar jalan lingkar tersebut. ”Mungkin juga akan ada penataan permukiman warga, seperti program kampung deret. Yang jelas tidak sampai perlu ada relokasi,” ujar Agus.

Loading...