Meski Tampilan Klasik, Harga California Audio Labs DX-1 Ternyata Masih Rp 2 Jutaan

California Audio Labs DX-1 - lampizator.euCalifornia Audio Labs DX-1 - lampizator.eu

Walaupun kini sudah banyak orang yang lebih memilih pemutar audio dalam bentuk MP3 player, keberadaan CD player bagi kalangan audiophile ternyata tidak bisa benar-benar dihilangkan. Untuk memutar koleksi CD lawas biasanya masih membutuhkan CD player tertentu yang memiliki mumpuni, salah satunya seperti merek California Audio Labs alias CAL. California Audio Labs terkenal akan berbagai CD playernya yang tangguh, termasuk California Audio Labs DX-1.

Saat ini mencari California Audio Labs DX-1 dalam kondisi baru memang cukup sulit, pasalnya CD player satu ini termasuk seri lawas. Kalaupun ada yang menjual biasanya dalam kondisi bekas atau second. Di beberapa situs , California Audio Labs DX-1 kondisi seken dijual dengan sekitar Rp 2,5 jutaan hingga Rp 2,75 juta.

Berbeda dari CD player keluaran terbaru, California Audio Labs DX-1 memiliki desain yang cenderung bulky dan mengusung bodi dominan warna hitam. Sasisnya yang rendah dan panel depan plastik hitam memberikan Eropa yang sangat kontemporer dan sangat menarik bagi orang-orang yang tertarik dengan perangkat berdesain klasik.

California Audio Labs DX-1 dilengkapi LCD hijau yang memuat sederhana seperti nomor track, waktu track, notasi untuk pemutaran acak, pengulangan, dan sebagainya. Kemudian sensor remote terletak tepat di samping layar. Uniknya, lampu latar pada displaynya ternyata bisa dihidupkan atau dimatikan dari remote control.

Beralih ke bagian belakang sasis terdapat jack phono untuk keluaran sinyal analog kiri dan kanan, serta 1 keluaran digital yang dapat digunakan oleh kabel interkoneksi koaksial 75 ohm untuk menyambungkan DX-1 ke perekam digital atau sebuah converter prosesor digital to analog (D/A). Sayangnya seri ini tak memiliki output digital optik.

Menurut beberapa pengguna, kualitas dari California Audio Labs DX-1 memang cukup menawan meski ada beberapa minus dari perangkat ini. “Memiliki suara panggung yang bagus, detail yang bagus, suara detail terdengar jauh lebih baik setelah menggunakan vibrapods. Sayangnya detail midrange bagian atas seperti tersaring. Sesekali juga salah membaca disk. Jika mengalami hal ini, buka saja dan tutup lagi maka masalah akan selesai,” kata review salah satu pengguna.

Loading...