Meski Pasokan Mulai Stabil, Harga Garam Dapur di Sejumlah Pasar Masih Relatif Tinggi

Garam - diy.biji.usGaram - diy.biji.us

Setelah sempat dan membuat harganya naik berkali-kali lipat di , pasokan garam saat ini mulai berangsur . Sayangnya pasokan yang banyak tersebut masih belum membuat garam turun secara keseluruhan. Di beberapa tradisional, seperti garam dapur sekarang dilaporkan masih relatif tinggi.

garam sudah banyak. Tetapi harganya ada yang sudah turun, seperti garam krosok dari Rp 7.000 sekarang Rp 5.000, namun masih mahal ini. Kalau garam halus, per bungkus kecil juga masih mahal sekitar Rp 2.500,” kata Purwanto, salah seorang sembako di Pasar Beringharjo Yogyakarta, seperti dilansir Harian Jogja.

Senada, harga garam di Pasar Kalibata Jakarta Selatan hingga akhir Agustus 2017 lalu masih berkisar Rp 70.000 per karung isi 50 kg. Padahal pemerintah telah melakukan garam sebesar 75.000 ton dari Australia. “Kenaikan harga garam sampai saat ini masih melampaui batas sedangkan katanya Indonesia kaya akan sumber daya alamnya,” ujar salah satu pedagang bernama Nanang.

Pedagang sembako lainnya di kawasan Jakarta bernama Ida juga bernasib sama. Menurut Ida, harga 1 bungkus garam dapur ukuran kecil dijual mulai harga Rp 6.000 dari sebelumnya yang hanya Rp 2.500, sedangkan 1 bungkus garam dapur ukuran sedang Rp 15.000. Bahkan Ida mengatakan bahwa saat menjelang Hari Raya Idul Adha beberapa waktu lalu daya beli masyarakat terhadap garam juga turut menurun, padahal pasokan garam di tokonya mencukupi.

Demikian halnya di Pasar Tradisional Bandar Lampung. Meski sudah berangsur, namun belum berlaku secara menyeluruh. “Memang ada penurunan harga garam, tapi tetap di atas harga normal sebelumnya,” kata pedagang di Pasar Induk Tamin, Darsono.

Darsono menuturkan bahwa pasokan garam dari luar Lampung terus berdatangan, termasuk garam impor dari Australia. Akan tetapi harga garam masih belum normal. Harga garam dapur ukuran 400 gram yang sebelumnya Rp 1.000, naik 4 kali lipat jadi Rp 4.000 per bungkus. “Sekarang saya jual Rp 2.500 per bungkus,” tandas Darsono.

Loading...