Meski Harga Murah, Keyboard Casio CTK 731 Ternyata Bisa untuk Sampling Musik Dangdut

Keyboard Casio CTK 731 - www.gumtree.com

Meskipun zaman sudah serba dan canggih, nyatanya masih banyak penggemar yang belum sepenuhnya meninggalkan teknologi yang sudah lampau layaknya keyboard yang masih menggunakan penyimpanan kepingan disket seperti keyboard Casio CTK 731. Sampai saat ini keyboard ‘jadul’ besutan Casio ini ternyata masih disukai beberapa kalangan karena memiliki yang cukup mumpuni bahkan untuk menghasilkan .

Keyboard Casio CTK 731 dibekali 232 tones yang meliputi 128 GM tones, 64 variation tones, 32 tones programmable buatan pengguna, dan 8 drum sets. Keyboard yang memiliki ukuran dimensi 960 x 375 x 148 mm ini juga dilengkapi layer/split, synthesizer, pattern sequencer, mixer, hingga bass-reflex speaker system.

Namun karena merupakan produk lawas dan sudah berstatus discontinue, untuk mencari keyboard Casio CTK 731 dalam kondisi yang benar-benar baru tentunya sulit. Meski demikian masih ada beberapa orang yang menjual keyboard Casio CTK 731 bekas atau second dalam kondisi yang masih normal dan layak pakai. Di pasaran keyboard Casio CTK 731 dengan sekitar Rp 1,85 jutaan hingga Rp 2,5 jutaan, tergantung kondisi dan kelengkapan barangnya.

Keyboard Casio CTK 731 sendiri dirancang untuk memenuhi pasar entry level, oleh sebab itu keyboard Casio CTK 731 memiliki sejumlah kekurangan. “Berada pada kelasnya di menengah ke bawah memang terdapat banyak kekurangan jika keyboard Casio CTK 731 ini digunakan untuk organ tunggal atau digunakan manggung. Karena Casio CTK 731 masih kurang oke untuk style-style dangdutnya,” kata salah satu pengguna keyboard Casio CTK 731 di blog pribadinya.

“Meskipun telah terdapat fitur untuk membuat style, namun style yang dihasilkan dari Casio CTK 731 hanya terdapat 2 variasi, 2 fill, dan 1 ending, 1 intro. Dengan segala keterbatasan itu, kita masih bisa mengoptimalkan keyboard Casio CTK 731 tersebut dengan cara sampling eksternal,” imbuhnya.

Seperti diketahui, keyboard Casio CTK 731 masih menggunakan penyimpanan menggunakan Floppy Disk Drive atau disket. Padahal saat ini sudah berkembang storage layaknya memory card maupun flashdisk. Oleh sebab itu untuk menambah style keyboard Casio CTK 731 bisa dilakukan dengan metode sampling eksternal dengan menghubungkan keyboard ke komputer atau laptop. Cara ini lumrah digunakan para pecinta keyboard lawas yang ingin memiliki style musik favorit mereka, terlebih kini sudah banyak yang membagikan style musik secara gratis.

Loading...