Merupakan Produk Telkomsel, Bank Indonesia Imbau Biaya Top Up Tcash Digratiskan

biaya, top, up, tcash, pelanggan, telkomsel, non, bank, Indonesia, saldo, di, grapari, uang, elektronik, layanan, full, basic, service, dua, jenis, verifikasi, ATM, bersama, BCA, per, isi, ulang, transferIlustrasi: isi ulang saldo TCash (sumber: techinasia.com)

Kini, membawa di dalam dompet atau tas bisa digantikan dengan . Salah satunya adalah Tcash (TCASH). Produk itu merupakan layanan dari Telkomsel yang bisa digunakan oleh seluruh pelanggan Telkomsel dan non Telkomsel untuk semua transaksi hanya dengan menggunakan aplikasi kapanpun & di manapun. Tcash memiliki izin dari sebagai penyedia layanan keuangan elektronik.

Ada dua layanan TCASH yang bisa dipilih oleh konsumen, di antaranya basic service dan full service. Untuk mendapatkan layanan full service, pelanggan Telkomsel (HALO, simPATI, AS, dan Loop) harus melakukan verifikasi data di GraPARI terdekat dengan membawa kartu identitas asli (KTP/paspor).

Langkah pertama ketika menggunakan Tcash adalah mengaktifkannya. Anda nantinya diminta memiliki PIN sebagai kode rahasia transaksi. Kemudian, dilanjutkan dengan mengisi saldo TCASH di GraPARI terdekat, jaringan Bersama, BCA, dan agen terdaftar lainnya. Setelah itu, Anda bisa menggunakan TCASH.

Ketika Anda melakukan isi saldo atau cash in atau top up, akan dibebankan biaya yang timbul atas layanan TCASH. Namun, pada awal bulan Agustus 2018, Indonesia mendorong agar biaya top up isi ulang saldo uang elektronik digratiskan supaya tidak membebani masyarakat. Hal ini sejalan dalam rangka penerapan sistem Gerbang Nasional (GPN) dalam layanan uang elektronik.

Menanggapi imbauan BI, T-Cash yang merupakan produk uang elektronik dari Telkomsel menyanggupinya. Head of Corporate Communication T-Cash, Dinda Sarannisa Fatimah mengatakan, selama ini T-Cash selalu mendukung seluruh kebijakan BI. Terutama demi menjaga kepuasan konsumen dalam bertransaksi. “Terkait imbauan dari BI untuk penggratisan biaya top up saldo, kami tentu akan mengikuti arahan terbaru BI ini,” ujar Dinda.

Ada beberapa alternatif isi ulang T-Cash, yakni melalui Grapari Telkomsel, transfer bank, virtual account BCA, dan melalui toko retail. Saat ini, kata Dinda, pelanggan T-Cash tak dikenakan biaya sama sekali jika isi saldo melalui virtual account Bank BCA maupun melalui 1.000 Grapari Telkomsel di Indonesia.

Sementara, jika mengisi lewat toko retail, dikenakan charge atau biaya sekitar Rp 1.000 per isi ulang. Untuk pengisian melalui bank selain BCA, biaya yang dikeluarkan bervariasi. “Kalau lewat jaringan ATM Bersama, tarif Rp 6.500 yang ditetapkan dari pihak mereka,” kata Dinda.

Ia memastikan bahwa T-Cash akan berkoordinasi dengan partner isi ulang uang elektronik dalam rangka menindaklanjuti imbauan BI. “Kami akan berkoordinasi dengan rekan strategis untuk memastikan sesuai dengan aturan yang dicanangkan BI,” katanya.

Menurut BI, pengguna akan lebih mudah dan nyaman dalam memakai uang elektronik jika dibebaskan dari biaya top up. Sehingga, BI mengimbau agar yang menerbitkan uang elektronik, bila sudah mampu, agar bisa membebaskan biaya top up uang elektronik.

Loading...