Merupakan Perekat Keramik & Lantai, Harga Lemkra FK 111 & 101 Berkisar Rp 30 Ribuan

produk, perekat, keramik, dan, lantai, merek, Lemkra, FK, 111, 101, harga, tidak, jauh, berbeda, ukuran, sak, 5, kg, di, atas, tile, on, putih, abu-abu, dua, warna, kegunaan, granit, batu, dinding, JermanMerupakan Perekat Keramik & Lantai, Harga Lemkra FK 111 & 101 Berkisar Rp 30 Ribuan (thespruce.com)

Ketika Anda sedang melakukan renovasi , ada beberapa penyebab yang mengharuskan Anda mengganti . Penyebabnya, mungkin karena kondisi keramik yang tidak lagi indah dipandang mata karena sebagian ada yang lepas, popping (terangkat), atau retak. Penyebab lainnya karena rusak karena renovasi, atau bisa juga keinginan pemilik rumah untuk mengganti , corak, dan ukuran keramik.

Dalam memasang keramik baru, ada cara modern dan konvensional yang bisa dilakukan. Untuk cara konvensional, bisa dengan melepaskan keramik lama, membersihkan lantai, baru memasang keramik baru. Hal tersebut tentu menyita waktu, boros, dan membutuhkan pengeluaran tambahan.

“Untuk mengatasi ketidakpraktisan tersebut, kita dapat menggunakan sistem pemasangan tile on tile, yaitu memasang keramik di atas keramik. Sistem ini lebih praktis dan cepat karena keramik lama tidak perlu dilepas untuk memasang keramik baru,” kata Deni Setiawan, seorang arsitek.

Tidak hanya keramik, cara tersebut juga memungkinkan Anda untuk memasang penutup lantai lainnya seperti granit, homogenous tile, dan parket. Jika Anda berminat untuk menggunakan sistem tile on tile, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengerjakannya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih perekat keramiknya. Semen biasa tidak bisa menggantikan fungsi perekat keramik karena kandungannya berbeda.

Di dalam perekat keramik, terdapat zat aditif yang memungkinkan perekat untuk muai susut karena suhu ruangan. Namun, sama seperti cara menggunakan semen, dalam penggunaannya, bubuk perekat keramik cukup ditambahkan air dengan takaran sesuai petunjuk.

“Jenis perekat keramik yang digunakan untuk merekatkan keramik ke keramik, tidak sama dengan jenis perekat keramik ke lantai telanjang. Produsen perekat keramik seperti Sika dan Am, biasanya menyediakan 2 komponen perekat yang daya rekatnya sangat kuat namun tetap fleksibel,” tutur Deni.

Salah satu produk perekat keramik dan lantai yang beredar di pasaran adalah merek Lemkra FK 111 dan 101. Kedua produk tersebut merupakan produk dari teknologi Jerman. Harga kedua produk tidak jauh berbeda. Untuk Lemkra FK 111 ukuran sak 5 kg, dibanderol sekitar harga Rp 37.500. Sedangkan, Lemkra FK 101 dengan ukuran sama, harganya sekitar Rp 32.000.

Menurut Direktur PT Tiga Depo Bangun, toko yang menjual kedua produk tersebut mengatakan bahwa Lemkra FK 111 terdiri dari dua warna, yaitu putih dan abu-abu. Kegunaan Lemkra FK 111 abu-abu adalah untuk pemasangan keramik, granit, marmer, -batuan hingga alam pada dinding (media vertikal).”Dengan memakai Lemkra FK 101 dan 111 mengganti keramik semudah mengganti cat,” kata Deni.

Sementara itu Lemkra FK 101, merupakan perekat keramik di lantai. Lemkra FK 101 mampu merekatkan keramik di atas keramik (tile on tile), serta pemasangan glassblock . ”Lemkra FK 101 juga bisa menyambung beton lama dengan beton baru. Lemkra FK 101 juga tersedia dalam dua pilihan warna putih dan abu-abu,” tambah Deni.

Loading...