Merek Variatif, Harga Wheelset Road Bike Berkisar Mulai Rp 1 Jutaan

Wheelset Road Bike - www.ebay.comWheelset Road Bike - www.ebay.com

Pada sebuah road bike alias sepeda balap, wheelset memang termasuk yang cukup penting. Wheelset adalah satu set (sepasang) roda sepeda lengkap dengan hub, rim (velg), dan jari-jari (spokes) yang sudah dirangkai dan siap pakai. Wheelset road bike dengan mountain bike (MTB) biasanya memiliki perbedaan mendasar dari lebar rodanya. Wheelset road bike dirancang cenderung tipis dan lebar dengan permukaan halus yang membantunya melaju dengan cepat di jalanan yang mulus. wheelset road bike pun bervariasi, tergantung dan kualitasnya.

Saat ini sudah banyak merek wheel set yang bagus dan terbaik untuk road bike. Sebagai untuk wheelset sepeda balap merk Shimano mulai harga paling murah sekitar Rp 1,1 jutaan hingga yang paling mahal mencapai Rp 32 jutaan untuk tipe Dura-Ace R9170 C40. Ada pula wheelset merek Fulcrum Racing 7 LG Alloy Clincher yang seharga Rp 3 jutaan, merek Superteam Carbon Clincher Rp 6 jutaan, atau wheelset Mavic Cosmic 700c Road Bike seharga Rp 6,85 jutaan.

Jika ingin yang lebih murah, ada pula beberapa yang menjual wheelset bekas alias second untuk tipe seperti Mavic Ksyrium Elite 700c seharga Rp 4,7 jutaan. Namun harga wheelset road bike bekas biasanya bisa berbeda-beda, tergantung dari kondisi wheelset itu sendiri.

Dari sekian banyak merek wheelset ternama, bisa dibilang wheelset Mavic adalah yang cukup banyak penggemarnya. Bahkan pabrikan sepeda Polygon beberapa tahun lalu juga sempat merilis sepeda dari bahan serat karbon yang dilengkapi dengan wheelset Mavic, yaitu Polygon Collosus CRX-XTR.

Pihak Polygon sengaja menggunakan material serat karbon (carbon fibre) karena dikenal lebih ringan dan mempunyai daya tahan tangguh. “Bahan ini memiliki kekuatan yang cukup lama dan tak terbatas ketimbang bahan sepeda lainnya,” ucap Ridwan, Product Development Polygon, seperti dilansir Kompas.

Polygon Collosus CRX-XTR disebut-sebut mengusung komponen kelas atas yang membuat sepeda ini semakin andal, antara lain dipersenjatai dengan groupset Shimano XTR 20 speed, ACT SL Horstlink Suspension Frame for BB91, garpu Fox 32 Fit RLC F100, dan wheelset Mavic Crossmax SLR UST. Tak heran jika saat pertama kali dirilis di Indonesia, harga sepeda Polygon satu ini mencapai lebih dari Rp 20 jutaan.

Loading...