Merek Premium, Harga Gula Pasir Gulaku Sudah Sesuai HET?

Harga Gula Pasir Gulaku

Sejak bulan Maret 2017 lalu, melalui Kementerian Perdagangan telah menetapkan patokan harga eceran tertinggi (HET) untuk tiga bahan pokok, salah satunya gula pasir yang dipatok dengan harga Rp12.500 per kilogram. Nah, mengikuti instruksi tersebut, harga gula pasir merek seperti Gulaku pun turut menyesuaikan.

Di beberapa minimarket dan supermarket, harga gula pasir Gulaku yang semula bisa berkisar Rp16 ribuan per kilogram, kini telah turun menjadi Rp12.500 per kilogram. Penurunan harga ini juga berlaku pada dua komoditas bahan pokok lainnya, yaitu minyak goreng yang Rp11.000 per liter dan daging beku yang ditetapkan Rp80.000 per kilogram.

“Kami mengikuti (pemerintah) tersebut, gula harganya Rp12.500 per kilogram dan minyak goreng Rp11.000 per liternya,” papar Divisi Manager Hypermart Cirebon, Moch. Rizal. “ gula pasir yang kami di sini sendiri adalah merek-merek premium, seperti Value Plus yang merupakan private label dan juga merek Gulaku.”

Selain di Hypermart, minimarket lainnya seperti Alfamart juga menawarkan gula pasir Gulaku dengan harga mulai Rp12.500 untuk kemasan satu kilogram. Minimarket itu sendiri hingga saat ini baru menetapkan HET pada produk gula pasir, karena mereka hanya menyediakan produk minyak goreng dalam kemasan dua liter.

“Pada dasarnya, kami mendukung pemerintah karena tujuannya untuk menstabilkan harga, dan aturan HET tersebut sudah disosialisasikan ke supplier, dan kami mengikuti harga dari supplier saja,” jelas Regional Corporate Communication Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart Alfamidi), Firly Firlandi. “Dengan keterlibatan Alfamart dalam progam ini, diharapkan perusahaan dapat turut andil dalam meneka laju dalam negeri.”

Sayangya, di beberapa situs jual , harga gula pasir merek Gulaku masih ditawarkan lebih tinggi dari HET, yaitu mulai Rp13.500 per kilogram. Bahkan, produk Gulaku dengan kemasan 500 gram dijual dengan harga sekitar Rp10.900, dan ukuran 750 gram dalam kemasan pouch saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp14.900.

Loading...