Diklaim Tanpa Kafein, Apa Saja Merek Kopi Decaf di Pasaran?

Minum Kopi Tanpa Kafein - www.telegraph.co.ukMinum Kopi Tanpa Kafein - www.telegraph.co.uk

sangat erat kaitannya dengan zat kafein. Zat ini pada dasarnya tidak selalu buruk untuk , namun bagi orang yang menderita sakit maag atau lambungnya lemah biasanya sangat menghindari meminum kopi secara berlebihan karena efeknya bisa saja negatif. Oleh sebab itu muncul solusi minum kopi tanpa perih di lambung dengan kehadiran kopi-kopi decaf (decaffeinated), alias kopi tanpa kafein. Namun apakah merek-merek kopi decaf tersebut memang benar-benar tanpa kafein?

Kopi decaf sendiri ternyata bukan kopi yang sama sekali tidak mengandung kafein, melainkan kopi dengan kadar kafein yang jauh lebih sedikit dibanding kopi biasa. Apabila dalam secangkir kopi biasa mengandung sekitar 85 mg kafein, maka dalam secangkir kopi decaf hanya mengandung sekitar 3-15 mg kafein.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), kopi decaf hanya 97% terbebas dari zat kafein, sehingga masih ada sedikit kandungan kafein dalam kopi decaf. Dilansir dari Reader’s Digest, meski tampaknya sedikit, dosis 3% kafein itu tetap bisa saja membuat seseorang yang meminumnya malam hari akan terjaga sampai pagi hari.

Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan Bruce Goldberger, Ph.D., seorang professor dan direktur UF’S William R. Maples Center untuk pengobatan forensik. “Seseorang yang minum 5 sampai 10 cangkir decaf artinya setara dengan minum 1 cangkir kopi biasa,” ujarnya seperti dilansir Okezone.

decaffeination sendiri memang kabarnya hanya menghilangkan sebagian besar kafein dari biji kopi. Bahkan sejumlah kopi tanpa kafein disebut-sebut mungkin saja mempunyai kadar kafein lebih banyak dibanding yang lain. Paul Toscano, kepala pemasaran Joyride Coffee menyebutkan, biji kopi robusta akan memiliki lebih banyak kafein usai melalui decaffeination dibandingkan biji kopi arabika.

Toscano pun menyarankan, apabila ingin menikmati kopi tanpa kafein, maka pilihlah kopi yang diolah menggunakan Swiss Water. ini diklaim mampu menghilangkan 99% kafein dari biji kopi. “Kamu benar-benar bisa merasakan perbedaannya. Ini lebih , tetapi lebih ramah lingkungan karena kamu tidak menggunakan kimia,” ujarnya. Namun sayang, proses ini mungkin sedikit mengubah rasa kopi yang belum tentu bisa dinikmati oleh para pecinta kopi.

Di pun ada beberapa merk kopi yang diklaim tanpa kafein (decaf), seperti Nescafe Gold Decaffeinated yang dijual dengan harga Rp165.900 per jar 100 gram, lalu ada juga merek Pabriek Kopi Nata Tjap Bagong Decaf Coffee Arabika seharga Rp58.900 per 100 gram, Kopi Decaf Tjap Semar seharga Rp64.600, kopi decaf Starbucks, dan masih banyak lagi.

Loading...