Menjadi Salah Satu Benda Wajib di Laboratorium, Harga Tabung Reaksi Bertutup Relatif Murah

harga, tabung, reaksi, bertutup, murah, benda, di, laboratorium, panjang, diameter, kopi, gelas, kimia, plastik, bening, huruf, leher, mulut, rata, bulat, mengerucut, bagian, bawah, fungsi, percobaanIlustrasi: penggunaan tabung reaksi bertutup di lab. kimia (sumber: Pinterest)

Di dalam sebuah laboratorium, Anda akan melihat banyaknya benda-benda yang biasa digunakan untuk melakukan suatu penelitian. Dari beberapa benda yang ada, Anda mungkin akan mudah menemukan tabung .

Tabung reaksi merupakan yang biasa ada di laboratorium. Bentuknya sesuai namanya yaitu tabung dengan kurang lebih sebesar jari tangan manusia dewasa. Bahan pembuat tabung reaksi adalah kaca atau plastik. Biasanya bagian atasnya terbuka berbentuk seperti huruf U. Tabung reaksi biasanya berpasangan dengan kondensor-tabung reaksi.

Peralatan laboratorium itu biasanya tersedia dalam berbagai macam ukuran panjang dan diameter. Ada yang berdiameter 10-20 mm dan panjang 50-200mm. Bagian atasnya seringkali dilengkapi bersama dengan bibir yang melebar untuk membantu menuang isinya. Tabung reaksi tersedia yang memiliki basic rata, bulat, atau mengerucut.

Selain bagian atas yang terbuka, tabung reaksi juga ada yang memiliki tutup. Untuk , termasuk murah. Tabung reaksi bertutup dengan kisaran harga Rp 1.000-Rp 2.000. Tempat yang menjualnya bisa di alat-alat kesehatan, bisa juga di beberapa situs jual-beli online.

Seperti yang telah banyak diketahui orang, tabung reaksi berfungsi sebagai tempat Anda mereaksikan bahan . Tabung memang dibuat bening supaya memudahkan analis melihat reaksi di dalam tabung.

Tidak hanya tabung reaksi berukuran kecil yang dijual dengan harga cukup murah, ada pula tabung gelas kimia lainnya seperti Iwaki Glass Ware Erlenmeyer. Tabung ini berukuran lebih besar pada bagian bawah. Harganya mulai dari Rp 50 ribuan hingga Rp 100 ribuan.

Jika biasanya Anda melihat tabung gelas itu di laboratorium, kini tidak lagi. dari gelas kimia sebagai tempat percobaan bahan kimia agaknya sudah mulai bergeser menjadi tempat minuman. Seperti yang tampak pada cafe milik artis Jessica Iskandar, Jedar Koofee yang bekerja sama dengan tempat makan Chick and Roll.

Seorang kru cafe mengatakan bahwa Jedar Koofee menyajikan hal berbeda, yaitu gelas kopinya menggunakan gelas kimia. “Ini lattenya disimpan di dalam gelas kimia. Gelas lainnya diisi es batu dan gelas sloki kecil diisi simple sirup,” ucap Dhea, salah satu kru Jedar Koofee.

Ia mengatakan alasan penyajian yang seperti itu karena setiap penikmat kopi memiliki selera yang berbeda. Ada yang lebih menyukai kopi pahit atau manis. Ukuran manis pun juga berbeda, sehingga penyajiannya kopi dan pemanisnya sengaja dipisah.

Penyajian dengan gelas flask erlenmayer atau tabung gelas kimia dinilai menarik perhatian pengunjung cafe. Alasan digunakannya tabung gelas itu adalah karena bentuk leher dan mulut tabung yang menyempit di bagian atas memudahkan untuk dipegang. Selain itu, ketika menuangkan kopi ke dalam gelas berisi es batu juga tidak membuat sisa kopi berceceran di meja.

Loading...