Menjadi Pilihan Metode Pembelajaran, Berapa Biaya Homeschooling di Malang?

biaya, homeschooling, malang, primagama, cabang, jawa, timur, indonesia, surabaya, relatif, SPP, uang, pangkal, dana, variatif, Rp 17juta, Rp 750ribu, metode, pembelajaran, legalHome schooling (hellosehat.com)

Di luar sekolah formal, terdapat beberapa pembelajaran lain. Misalnya saja parenting maupun homeschooling. Menurut pakar , Mohammad Nuh, dua tersebut merupakan sebuah proses pembelajaran yang legal. tersebut sesuai dengan Undang-undang tentang Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003.

Terlebih, kedua metode tersebut mengakomodir kondisi khusus yang dialami peserta didik, seperti menderita sakit dan membutuhkan perawatan, atau ada masalah-masalah tertentu yang mengharuskan anak-anak menjalani pendidikan secara homeschooling.

Hal-hal tersebut kemudian dianggap sebagai indikator yang wajar, terkait dengan mahalnya homeschooling di Kota Malang. “Wajar jika kemudian biayanya menjadi mahal, karena ada homeschooling yang sangat privat. Ibarat pakaian, ada yang di butik dan ada juga yang di ,” ucap Mohammad Nuh.

Homeschooling sudah ada di beberapa kota, terlebih di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Bagi Anda yang berdomisili di kota lain, juga tidak perlu khawatir, kini sudah ada beberapa homeschooling yang dibuka. Contohnya saja di Kota Malang. Di kota tersebut, terdapat homeschooling yang bernama Homeschooling Primagama dan Mayantara Homeschooling.

Homeschooling yang beralamat di Jl. Candi Mendut Barat Blok C17 Kel. Mojolangu, Kec. Lowokwaru tersebut telah membuka baru. Sekolah berbasis minat & bakat itu menyediakan jenjang SD, SMP hingga SMA.

Di tempat tersebut, disediakan beberapa fasilitas cukup menarik, di antaranya Certificate Outstanding Students, menggunakan Pendidikan Nasional maupun , modul pembelajaran, konsultasi , dan lainnya.

Untuk Jawa Timur, Homeschooling Primagama tidak hanya terdapat di Kota Malang, tetapi ada dua cabang di Kota Surabaya dan satu tempat di Kota Sidoarjo. Mengenai biaya, cabang Malang, di situs resmi mereka (homeschooling-primagama.co.id), belum terdapat informasi mengenai biaya. Sedangkan homeschooling Mayantara di Jalan Raya Tidar menyebutkan kisaran harga mulai Rp400.000 per bulan.

Tetapi, sebagai gambaran, menurut Thomas More Suharto, pemilik dari Homeschooling Primagama Pakuwon City Surabaya mengatakan bahwa biaya sekolah terbilang relatif. Namun, menurutnya, jika dibanding dengan sekolah swasta umum yang telah memiliki nama, perbedaan nominal biaya tidak terlalu signifikan. Bahkan, pada beberapa sekolah, jumlah total biaya yang dikeluarkan oleh orang tua bisa lebih mahal.

Hal tersebut jika dihitung pada banyak aspek sekaligus. Jam sekolah homeschooling yang tidak setiap hari serta tidak adanya seragam tentu menjadi aspek pengurang daftar pengeluaran orang tua siswa. “Sebab antar jemput anak itu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” jelasnya.

Untuk besarnya uang pangkal homeschooling, dana yang dibutuhkan bisa dibilang variatif. Di kawasan Surabaya, atau Indonesia Timur, pada umumnya berkisar di angka Rp 17 juta-Rp 25 juta. Lalu, nominal untuk pembayaran SPP ada di angka Rp 750 ribu-Rp 1,6 juta per bulan. Bagi wilayah kota metropolitan seperti Jakarta, dana yang dibutuhkan mungkin bisa lebih besar lagi.

Loading...