Menjadi Camilan Favorit Nonton Bioskop, Harga Popcorn di Indomaret Mulai Dari Rp 10 Ribuan

harga, popcorn, di, indomaret, terjangkau, Rp 10 ribuan, titi, flores, garam, karamel, gula, garam, pipih, gepeng, bioskop, camilan, utama, film, rasa, tekstur, renyah, alami, ekstra, butter, sehat, lemak, biji, jagungIlustrasi: popcorn, cemilan yang identik dengan nonton bioskop (sumber: idntimes.com)

Siapa yang suka memesan popcorn ketika akan menonton di ? yang terbuat dari biji yang dipanggang hingga mengembang dan dibalut mentega gurih dengan aroma harum itu mulai populer di tahun 1890 ketika seorang pengusaha asal Chicago, Amerika yaitu Charle Cretors membuat mesin pembuat popcorn pertama.

Sempat terjadi perbedaan pendapat, apakah popcorn pantas dijadikan cemilan pada saat menonton bioskop atau tidak. Tetapi, pada saat tahun 1930, popcorn mulai masuk ke teater atau bioskop pada masa ‘Great Depression’ yaitu lemahnya pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat.

Awalnya, popcorn hanya dijual di depan gedung teater dan bioskop. Dikarenakan harganya yang terbilang murah, membuat popularitas popcorn semakin terkenal dan penjualannya terus meningkat. Setelah melihat fenomena ini, barulah pemilik bioskop tertarik untuk memakai mesin pembuat popcorn dan mulai menjual popcorn.

Masuknya popcorn ke bioskop, membuat banyak pihak bioskop dan teater yang melarang penjualan popcorn berada di sekitar gedung bioskop. Oleh karena itu, tidak heran jika ketika Anda menonton film, popcorn menjadi camilan utama yang dijajakan di bioskop.

Namun, bagi Anda yang ingin menikmati popcorn, tidak perlu mengunjungi bioskop hanya demi membeli camilan itu. Kini, di toko seperti , sudah ada beberapa merek popcorn yang dijual. Harga yang dibanderol untuk itu cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 10 ribuan. Selain murah juga memiliki beberapa pilihan rasa, mulai original, coklat, pandan, stroberi, dan lainnya.

Apakah popcorn termasuk camilan yang sehat? Menurut Abby Langer, ahli gizi dari Kanada, mengatakan bahwa, “Popcorn kaya akan serat. Jika dibuat dengan sedikit minyak, popcorn juga bisa rendah kalori, dan bisa terasa mengenyangkan apabila dikonsumsi sebagai camilan.”

Walaupun dinilai sehat, yang perlu diwaspadai adalah ekstra butter yang kaya , tambahan bubuk yang tinggi garam, hingga karamel yang kaya gula. Sebagai perbandingan, popcorn yang dibuat tanpa minyak sama sekali (air-popped) mengandung sekitar 30 kalori dan 0.4 gram dalam ukuran satu cup. Sementara popcorn yang dibuat dengan butter mengandung kalori dua kali lipat lebih banyak dan lima kali lebih tinggi.

Ingin camilan menyerupai popcorn tanpa tambahan bahan lain? Anda bisa pergi ke daerah Flores. Di sana terdapat jagung titi yang merupakan camilan atau makanan yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Flores. Bahkan, jagung titi biasa dijadikan oleh-oleh bagi warga luar negeri.

Jagung titi diolah dengan cara disangrai. Jagung itu disebut-sebut sebagai popcorn-nya Flores, namun berbentuk pipih atau gepeng. Rasanya gurih dengan tekstur renyah dan memiliki cita rasa alami tanpa tambahan garam.

Jagung titi merupakan penganan kesukaan masyarakat Flores, seperti jagung bose atau catemak, yang merupakan tradisional olahan makanan pokok sebagian masyarakat Flores ini memang tak tergantikan.

Loading...