Mengikuti Perkembangan Teknologi, Harga Alat Kedokteran Gigi Lengkap Semakin Mahal

Alat Kedokteran Gigi - www.moosfamilydental.comAlat Kedokteran Gigi - www.moosfamilydental.com

Masyarakat Indonesia sudah semakin sadar untuk merawat giginya dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, saat ini pun kian bertambah banyak. Terlebih karena hampir setiap gigi modern biasanya sudah ditunjang dengan kedokteran gigi yang lengkap untuk mengatasi berbagai keluhan atau permasalahan gigi yang dialami oleh .

Menurut drg Diono Susilo, Ketua Indonesia Dental Exhibition & Conference (IDEC), perawatan gigi di Indonesia saat ini sudah lebih maju dibandingkan pada era 80-an silam. Saat ini alat seperti rontgen gigi kabarnya tak perlu lagi membutuhkan aliran listrik langsung. “Kalau dulu mau rontgen gigi kan harus pakai alat yang besar ya, tapi sekarang udah ada rontgen 3D dan portable, bisa dibawa ke mana-mana,” jelas drg Diono.

Tak hanya perawatan gigi untuk keperluan medis saja, bahkan untuk perawatan gigi estetis pun juga tak kalah banyak peminatnya. Masyarakat mulai banyak yang berbondong-bondong ke dokter gigi untuk melakukan perawatan seperti veneer atau whitening. Diono menambahkan, tiap tahun penggunaan alat kedokteran gigi di Indonesia sebenarnya tak pernah tertinggal, tetapi dari segi pengadaan alat atau masih jauh tertinggal dari negara-negara lain.

“Jujur saja kalau pengguna kita nggak tertinggal, tapi kalau produsen (alat) hanya delapan persen kita menggunakan produk lokal karena dari pemerintah, dari para pengusaha untuk membuat produk bahan dan alat gigi itu lambat sekali,” papar Diono.

Sebagai informasi, harga alat kedokteran gigi lengkap di Indonesia memang cukup mahal. Sebagai contoh, untuk dental kit cleaning set yang murah berkisar mulai Rp 50 ribuan, kemudian lampu untuk operasi gigi sekitar Rp 10 jutaan, alat pembersih plak gigi Rp 1 jutaan, kamera endoskop gigi mulai Rp 1 jutaan, paket tang gigi Rp 400 ribuan, alat dental scaler unit Rp 2 jutaan, alat scaling gigi Rp 1,7 jutaan, kemudian dental unit atau kursi pasien merek Gnatus mulai Rp 140 jutaan. Jika ditotal, maka harga peralatan dokter gigi lengkap bisa mencapai lebih dari Rp 150 jutaan. Cukup mahal bukan?

Loading...