Mengikat Tulangan, Berapa Harga Kawat Beton per Kg?

Kawat Besi Beton - pramanadwijaya.com

Untuk mengikat rangkaian besi , antara besi yang satu dengan yang lain, biasanya tukang menggunakan kawat . Sering juga disebut sebagai kawat bendrat, ini diklaim punya daya tahan bagus dan sangat kuat. Di sendiri, kawat beton sekarang di kisaran Rp16 ribu hingga Rp40 ribuan per kg, dan biasanya berbentuk roll atau gulungan.

Menurut penelusuran penulis di beberapa situs jual beli online, salah satu menawarkan kawat beton berdiameter 0,88 mm dengan harga Rp16 ribuan per kg. Sementara, yang lain menjual material ini dengan harga Rp20 ribu sampai Rp25 ribu per kg. Namun, ada juga yang melepas 1 kg kawat beton di kisaran harga Rp40 ribuan dengan diameter lebih besar.

“Kawat bendrat merupakan kawat yang berdiameter kecil, tetapi memiliki yang panjang,” tulis Indotrading.com. “Fungsi kawat bendrat adalah untuk mengikat besi beton ulir atau polos yang dijadikan sebagai tulangan untuk kolom, shearwall, floor deck, atau lainnya. Pengikatan dilakukan agar rangkaian tidak lepas ketika akan diberikan adukan semen dan pasir. Agar baja tulangan saling terikat dengan kuat, maka kawat bendrat yang digunakan harus dengan baik agar tidak mudah putus.”

Hampir senada, Bumi Baja Sakti dalam situs resminya mengatakan bahwa kawat beton sering juga disebut dengan kawat bendrat. Kawat ini umum digunakan sebagai pengikat tulangan-tulangan antara satu tulangan dengan yang lainnya, baik untuk kolom, balok, slab, shearwall, ataupun rangkaian tulangan lainnya sehingga membentuk rangkaian rangka elemen struktur yang siap dicor. “Selain itu, kawat ini juga dapat digunakan untuk hal-hal lain, seperti pengikatan beton decking,” tulisnya.

Selain dijual per kilogram, banyak juga yang menjual kawat beton dengan ukuran lebih berat. Kawat beton dengan berat 25 kg misalnya, saat ini ditawarkan di kisaran harga Rp365.000 sampai Rp385 ribuan. Sementara, untuk berat 100 gram, harganya berkisar Rp5.000 sampai dengan Rp8.000 per roll.

Loading...