Menggunakan Metode Presentasi & Praktik, Biaya Training K3 Migas di Cepu Mulai Rp 6 Jutaan

biaya, training, k3, migas, cepu, pelatihan, peserta, diklat, sertifikasi, metode, praktik, persentasi, lapangan, ujian, tertulis, evaluasi, wawancara, sistem, keselamatan, kesehatan, kerja, 2018, jadwal, alamat, 3, mingguPabrik pengolahan minyak dan gas

Di Pusat Pengembangan Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM ) yang beralamat di Jalan Sorogo no. 1 Cepu, terdapat 75 peserta yang mengikuti Pelatihan Operator Scaffolding, Juru Ikat Beban (Rigger), Operator Keselamatan dan Kerja (K3) dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. E&P Cepu (PEPC). Pelatihan itu merupakan yang ketiga kalinya PEPC menyerahkan peserta untuk mengikuti pelatihan di PPSDM Migas sejak tahun 2014.

Jumlah peserta yang ikut pelatihan terdiri dari 25 peserta Pelatihan Operator Scaffolding, 25 peserta Juru Ikat Beban (Rigger) dan 25 peserta Operator Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 19 Maret sampai 9 April 2018. Dan, dilanjutkan dengan jadwal sertifikasi pada tanggal 10 sampai 12 April 2108 di PPSDM Migas.

Pelatihan dilaksanakan atas dasar kerjasama antara Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) dengan PT. Pertamina E&P Cepu dan Lembaga Informasi dan Komunikasi Masyarakat Banyuurip Bangkit (LIMA2B).

Kepala Dinas Perindustrian dan , Agus Suriyanto mewakili Bupati Bojonegoro mengatakan, “Pada awalnya Disnakertrans Bojonegoro hanya bisa memberikan kontribusi tenaga-tenaga unskill. Tetapi, setelah sadar dan didukung oleh pelaku migas di Bojonegoro, Disnakertrans menyiapkan tenaga kerja supaya bisa mendapatkan skill utamanya di bidang migas,” ungkap Agus Suriyanto.

Manager Public & General Affair & Relation Pertamina EP Cepu, Kunadi menjelaskan tujuan pelatihan yang dilaksanakan selama 3 minggu itu diharapkan mampu membekali peserta dengan keterampilan sehingga mempunyai keterampilan yang lebih agar bisa berkompetisi memanfaatkan peluang kerja yang ada. Di manapun nantinya akan bekerja pasti akan membawa nama PEPC, PPSDM Migas, dan Disnakertrans Bojonegoro serta wilayah masing-masing.

“Patut disyukuri bagi para peserta, karena menjadi peserta dari diklat dengan yang cukup besar dan diantarkan oleh pejabat-pejabat. Manfaatkan 3 minggu semaksimal mungkin, belum tentu ada kesempatan lain,” ungkap Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi, Wakhid Hasyim.

Untuk biaya training K3 Migas Cepu tahun 2018, jika Anda mencari di resminya di pusdiklatmigas.esdm.go.id, mungkin belum menemukan informasi besaran biayanya. Tetapi, sebagai gambaran, ada informasi biaya pelatihan atau training di tahun 2017, yaitu mulai dari Rp 6.950.000 hingga Rp 11.500.000. Biaya itu akan berbeda setiap paketnya. Dalam biaya training, sudah termasuk beberapa komponen seperti biaya training, ujian sertifikasi, training material, tas punggung, sertifikat pelatihan, makan siang dan snack 2 kali per hari, dan lainnya.

Metode yang digunakan dalam pelatihan antara lain presentasi dan praktik lapangan, pelaksanaan ujian tertulis dan evaluasi melalui wawancara maupun uji lapangan. Materi pelatihannya sendiri antara lain peraturan perundang-undangan K3 Migas, identifikasi bahaya, inspeksi keselamatan kerja, Sistem Manajemen K3 (SMK3) Migas, penyelidikan kecelakaan, kimia api dan dasar kebakaran, deteksi kebakaran, dan materi lainnya.

Loading...