Mengatasi Lonjakan Harga 1kg Pada Daging Sapi, Pemerintah Lakukan Strategi Jitu

Daging Sapi - (Sumber: bsnscb.com)Daging Sapi - (Sumber: bsnscb.com)

Beberapa waktu setelah , daging sapi per kilonya mencapai stabil yaitu Rp 115.000-120.000. Hal tersebut didukung oleh pernyataan Abdi Manaf, daging sapi di Bukit,.

“Harganya enggak berubah, ini stabil Rp 115.000 sampai Rp 120.000 per kilogram, tergantung jenisnya aja perbedaannya,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu disebabkan pasokan daging dari Rumah Potong (RPH) tidak mengalami perubahan baik kenaikan maupun penurunan harga.

“Ini dari RPH-nya enggak berubah, kalau berubah pasti di pasar juga berubah harganya,” jelasnya.

Walaupun demikian, dirinya mengakui, saat ini, setelah Lebaran ada tren penurunan konsumsi daging segar oleh masyarakat jika dibandingkan sebelum Lebaran kemarin.

“Pembeli turun, karena kemarin sebelum Lebaran masyarakat banyak beli, sekarang agak mengurangi, bosan makan daging terus,” papar Abdi Manaf.

Kenaikan harga daging sapi terjadi di daerah Jakarta, khususnya Jakarta Timur. Di pasar lokal Jatinegara misalnya. Harga di pasar tersebut naik menjadi Rp 130.000 untuk 1kg nya dari harga sebelumnya Rp 100.000/kg.

Salah satu pedagang di sana, Udin telah menyiapkan persediaan daging yang cukup banyak untuk mengatasi kekurangan pasokan. “Ini stok banyak, kita hari ini 200 kg ya semoga habis,” jelasnya.

Sedangkan untuk daging kerbau, Udin tidak menyediakan stok yang banyak. Menurutnya, saat momen Lebaran masyarakat akan lebih memilih daging sapi ketimbang daging kerbau India.

“Kita ada tapi enggak terlalu banyak (daging kerbau India), pasti bikin rendang banyak yang pake sapi,” tambahnya.

Sementara itu, Hasfi pedagang daging di Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan menjelaskan, harga daging sapi segar sebelum Lebaran kemarin sempat mengalami kenaikan hingga Rp 150.000 per kilogram.

Hasfi menjelaskan, hal tersebut disebabkan penjualan jeroan (termasuk hati, jantung, otak, dan lainnya) di pedagang daging tidak terjual, akibat para pedagang makanan seperti bakso, soto tidak berjualan atau mudik. Sehingga untuk menutup kerugian akibat jeroan yang tak terserap pasar, harga daging sapi segar menjadi naik.

“Sebelum Lebaran, jeroan enggak laku, harga daging jadi naik, sekarang daging normal lagi antara Rp 120.000 sampai Rp 125.000 per kilogram,” pungkasnya.

sempat khawatir dengan adanya lonjakan harga yang tajam pada daging sapi. Maka dari itu, dilakukan strategi jitu, yaitu dengan menggelontorkan daging sapi dan kerbau beku impor di disertai dengan pengawasan yang lebih ketat oleh tim Satgas Pangan.

Selain daging sapi, alternatif lain yang juga diburu masyarakat adalah daging ayam. Berdasarkan info 2017, untuk harga daging ayam khusus Daerah DKI Jakarta dan sekitarnya berkisar Rp 32.675.

Harga tertinggi berada di Pasar Pademangan Timur dengan harga daging ayam mencapai Rp 45.000/kilo Sedangkan harga terendah berada di Pasar Kalibaru dengan Rp 22.000 per kilo.

Deskripsi: Kenaikan harga daging sapi terjadi di daerah Jakarta, khususnya Jakarta Timur, di pasar lokal Jatinegara misalnya, harga di pasar tersebut naik menjadi Rp 130.000 untuk 1kg-nya dari harga sebelumnya Rp 100.000/kg.

Loading...