Mengandung Unsur Hara Lengkap, Harga Pupuk NPK Granular Variatif

Ilustrasi : Pekerja sedang memupuk tanaman kelapa sawit - ptnasa.net

NPK termasuk yang mempunyai kandungan unsur hara lengkap dan tergolong majemuk karena kandungannya yang beragam. satu ini dinamai NPK karena mempunyai kandungan utama Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalium (K). Manfaat NPK biasanya dapat meningkatkan metabolisme tanaman, membantu respirasi, hingga merangsang pertumbuhan akar dan daun tanaman. Di Indonesia NPK kerap digunakan untuk .

pupuk NPK di pasaran ada bermacam-macam, mulai dari pupuk NPK merk Mahkota, Pelangi, hingga pupuk NPK Phonska Plus besutan PT Pupuk Indonesia. pupuk NPK granular Mahkota 16-16-16 ukuran 1 kg sekitar Rp 35 ribuan, sedangkan pupuk NPK Granular 13 8 27 – 4 + 0,5 B kemasan 50 kg harganya Rp 350 ribuan. Kemudian untuk merk Phonska Plus kemasan 1,5 kg Rp 35 ribuan dan kemasan 25 kg Rp 250 ribuan.

Pupuk Phonska Plus sendiri baru diluncurkan oleh PT Pupuk Indonesia tahun 2016 lalu. Pupuk ini termasuk pupuk komersial untuk memenuhi sektor retail. “Sejak pertama kali diluncurkan di Denpasar dan Yogyakarta pada November 2016, NPK Phonska Plus mendapat antusiasme dan perhatian cukup tinggi dari distributor PG,” kata Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat, seperti dilansir Republika.

Pupuk NPK Phonska Plus kabarnya adalah pengembangan dari hasil riset International Fertilizer Association (IFA) yang menyebutkan bahwa sekitar 50% kondisi lahan dunia mengalami defisiensi unsur hara mikro Zink (Zn) yang cukup signifikan. Berdasarkan riset tersebut rupanya Indonesia termasuk wilayah yang mengalami defisiensi Zink paling parah.

“Oleh karena itu kami meluncurkan NPK Phonska Plus dengan menambahkan unsur hara mikro Zink didalamnya dan hal ini jugalah yang membedakan NPK Phonska Plus dengan NPK Phonska bersubsidi biasa,” ujar Direktur Utama PT Petrokimia Gresik (PG) Nugroho Christijanto.

Pupuk NPK Phonska Plus dikemas dalam kantor dengan berat bersih 25 kg, berbentuk granul, warna putih, dan bersifat higroskopis atau mudah larut dalam air. Dari segi kandungan, NPK Phonska Plus memiliki kandungan unsur hara makro lengkap seperti Nitrogen (N), Fosfor (P2O5), dan Kalium (K2O) dengan kadar masing-masing sebesar 15%. Kemudian ada pula unsur hara mikro seperti Sulfur (S) 9% dan Zink sebanyak 2.000 part per million (ppm).

“Kami ingin menawarkan solusi terhadap masalah defisiensi Zink pada lahan pertanian, sekaligus menawarkan pupuk NPK non – subsidi dengan yang lebih baik namun tetap dengan harga terjangkau,” tandasnya.

Loading...