Mengandung Ekstrak Ikan Gabus, Harga Vitabumin di Apotik Berkisar Rp 79.000

Vitabumin - (Sumber: tokopedia.com)Vitabumin - (Sumber: tokopedia.com)

Untuk mengatasi anak yang susah makan, atau tidak cepat gemuk, biasanya orangtua akan melakukan berbagai cara, seperti memberi anak suplemen makanan. Di , ada produk yang mengandung ekstrak ikan gabus untuk pembentukan dan perbaikan jaringan sel tubuh agar anak tumbuh maksimal. Produk ini bernama Vitabumin.

Anda dapat menemukan dan membelinya di apotik, seperti di apotek K24. Apotik ini tersebar di beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Semarang, dan kota lainnya. Di apotek K24, produk Vitabumin Madu Albumin ukuran 130ml seharga Rp 79.992 per botol.

Bagi Anda yang bertanya Vitabumin ini untuk berapa? Produk suplemen atau vitamin ini diperuntukkan bagi anak 1-3 tahun, dengan dosis pemakaian 2 sendok teh 2 kali sehari, 3-12 tahun sebanyak 2 sendok makan 3 kali sehari.

Sedangkan, untuk orang dewasa, tersedia Vitabumin kapsul yang bermanfaat untuk meningkatkan protein albumin tubuh, membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta sebagai terapi penyakit berat. Produk ini dijual dengan Rp 75.000 untuk isi 30 kapsul.

Agar dalam produk tetap terjaga, sebaiknya Anda menyimpannya di tempat kering dan sejuk, serta terhindar dari panas dan sinar matahari langsung.

Tetapi, pemberian suplemen pada anak sebenarnya bukan suatu hal yang dianjurkan, seperti yang dikatakan oleh ahli gizi, Ratih Wirapuspita Wisnuwardhani.

Ia mengatakan, ‚ÄúSebab, yang perlu dilakukan orangtua adalah identifikasi. Apakah benar anak susah makan? Apakah ada masalah atau kecenderungan masalah ? Jika seorang anak sudah makan snack dan minum susu, kemudian disuruh makan nasi, tentu saja anak tidak akan mau makan, karena sudah kenyang. Jadi ini bukan termasuk susah makan.”

Hal yang harus dilakukan oleh para orangtua yaitu memantau masalah pertumbuhan, yaitu dilihat dari grafik pertumbuhan anak, berat badan, panjang atau tinggi badan anak. Apakah pertumbuhan anak mengikuti pertambahan umur? Orangtua perlu mengidentifikasi apakah anak tersebut kurus, gizi kurang, pendek, gizi lebih seperti risiko gemuk, gemuk, atau bahkan gemuk sekali (obesitas).

“Jika kedua pertanyaan di atas jawabannya anak tidak ada masalah atau kecenderungan masalah pertumbuhan, maka anak tidak perlu diberikan suplemen,” ujar perempuan yang studi di Ghent University, Belgia, tersebut.

Pemberian suplemen, menurut ahli gizi tersebut, hanya diperlukan jika ada dugaan masalah pertumbuhan, sakit atau sesuai anjuran dokter dan ahli gizi. Karena penggunaan suplemen yang berlebihan tidak baik bagi manusia.

“Jika anak mengonsumsi beragam makanan, yaitu gizi seimbang, tapi kita tetap memberikan suplemen, maka kemungkinan akan terjadi kelebihan zat gizi. Itu juga bergantung dari jenis suplemen yang dikonsumsi,” tutur Ratih.

Memang, di dalam Vitabumin terdapat kandungan temulawak yang dikenal sebagai pembangkit nafsu makan, tetapi, menurut Ratih, hal tersebut belum ada penelitiannya. Tetapi, temulawak memang memiliki manfaat, seperti antioksidan.

“Temulawak memiliki kandungan polyphenol tinggi. Kandungan ini berhubungan dengan penurunan risiko kanker, hipertensi, diabetes, jantung, dan lainnya,” pungkasnya.

Pemberian suplemen atau vitamin pada anak sebaiknya memang berhati-hati. Menurut , sebanyak 70% paparan suplemen terjadi pada anak di bawah usia 6 tahun, dan sebagian besar karena tidak disengaja.

Loading...