Mengandung 5% Permethrin, Berapa Harga Scabimite Cream 5 Gr?

Ilustrasi: memakai krim kulit untuk mengatasi gatal-gatalIlustrasi: memakai krim kulit untuk mengatasi gatal-gatal

Anda memiliki hewan peliharaan? Dan, tiba-tiba setiap malam Anda merasakan ? tersebut bisa jadi adalah skabies. tersebut merupakan yang disebabkan kutu atau tungau bernama sarcoptes scabiei.

Menurut drh. Ayu Setiawati Veterinarian Jakpetz Vet Clinic, “Itu bisa nular ke manusia. Anjing dan kucing bisa menularkan itu. Penyakit itu bisa juga menimbulkan keropeng. Ini yang paling sering ditularkan binatang ke manusia.”

Sementara itu, menurut dr. Donabella Fortuna Santosa, “Scabies biasa disebut dengan gudikan. Penyakit kulit ini disebabkan oleh kutu yang membuat terowongan dalam kulit dan menyebabkan kulit terasa sangat gatal. Terowongan yang dibuat kutu ini biasanya pada daerah kulit yang tipis, misalnya sela-sela jari dan lipatan paha. Kutu ini biasanya aktif pada malam hari.”

Penyakit tersebut bisa menular. Penularannya sendiri bisa dilakukan dengan kontak langsung. “Skabies itu bisa menular ke sesama manusia melalui kontak langsung dengan kulit,” ujar dr. Rosny Susana Malada.

Dikarenakan mudah menular melalui kontak langsung, tidak heran penyakit ini cenderung menular pada anggota keluarga atau orang yang tinggal sehari-hari dengan penderita. Gejala penyakit skabies selain rasa gatal yang parah dan memburuk pada malam hari adalah timbulnya terowongan kecil dengan benjolan di ujungnya. Penyakit ini menyerang sela jari kaki dan jari tangan, pantat, sekitar organ intim, dan punggung.

Selain gejala-gejala di atas, Anda juga harus mewaspadai beberapa bagian tubuh tertentu yang bisa saja digunakan oleh tungau untuk bersembunyi. Area yang paling disukai tungau antara lain tangan, yaitu di sela-sela jari atau di sekitar kuku. Kemudian, di lengan (bagian pergelangan tangan dan siku), bagian organ genital, dan kulit yang tertutup oleh perhiasan.

Cara menangani skabies bisa dengan pemberian obat oles pada bagian yang terasa gatal dengan obat seperti permethrin, malathion dan sulfur. Salah satu obat yang bisa dibeli di apotek yaitu Scabimite Cream yang mengandung 5 persen permethrin. Scabimite 20 gr sekitar Rp 56 ribuan, dan Rp 110 ribuan untuk yang 30 gram.

Cara menggunakan Scabimite yaitu dioles tipis-tipis pada bagian yang sakit. Anda juga bisa berkonsultasi dengan untuk menentukan dosis yang sesuai. Obat tersebut termasuk obat luar, hanya digunakan pada kulit. Pengobatan dengan cara mengoleskan cream itu bisa dibiarkan selama 12 hingga 24 jam agar kutu mati.

Meskipun mungkin tidak berbahaya, tetapi skabies bisa jadi sangat mengganggu. “Penyakit yang disebabkan oleh kutu ini tidak berbahaya, namun sangat mengganggu karena terasa sangat gatal sehingga mengganggu tidur. Selain itu, gatal yang berlebihan membuat penderita suka menggaruk-garuk badannya hingga -luka,” terang dr. Donabella.

Untuk menghindari penyakit skabies, yang bisa dilakukan adalah lebih rajin menjaga . Mandi secara teratur, juga rajin mencuci pakaian, sprei, sarung bantal, dan selimut.

Loading...