Mendapatkan Subsidi Pemerintah, Ini Biaya Pendaftaran di Sekolah ATKP Surabaya

Biaya, sekolah, pilot, penerbangan, ATKP, Surabaya, subisidi, swasta, seleksi, pendaftaran, asrama, pendidikan, taruna, program, studi,Mendapatkan Subsidi Pemerintah, Ini Biaya Pendaftaran di Sekolah ATKP Surabaya (beritatrans.com)

Akademi Teknik dan Keselamatan (ATKP) merupakan pendidikan tinggi yang berdiri di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia. ATKP berlokasi di jalan Jemur Andayani I/73 . Akademi ini merupakan sekolah yang mulai didirikan pada tahun 1989 dengan nama Organisasi Balai Pendidikan dan Pelatihan Surabaya yang memanfaatkan aset Kantor Wilayah III Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Surabaya.

Program yang disediakan oleh ATKP Surabaya antara lain, Teknik Listrik Bandar Udara, Teknik Navigasi Udara, Teknik Udara, Lalu Lintas Udara, Komunikasi Penerbangan, Manajemen Transportasi Udara, serta Teknik Bangunan dan Landasan. Menurut Direktur ATKP Surabaya Ir. Setiyo, prodi paling favorit di ATKP Surabaya adalah TPU (Tenik Udara).

ATKP terbilang lengkap, seperti Asrama berkapasitas 536 orang, 12 ruang kelas, 1 unit poliklinik, pusat kebugaran dan olahraga, area outbond, ruang makan berkapasitas 210 orang, 1 unit perpustakaan, ruang rekreasi, 1 unit ruang rapat, 1 unit kantin, 1 unit masjid, 1 unit power house, 2 unit bus sekolah, 1 unit mobil ambulance, dan WLAN di setiap area. Tak hanya itu, ATKP pun menyediakan berbagai macam laboratorium untuk menunjang belajar para .

Biaya pendidikan di ATKP tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan sekolah penerbangan swasta lainnya. Hal ini dikarenakan ATKP mendapatkan subsidi hingga 80 persen dari pemerintah. Sebagai contoh, untuk jurusan hanya dibutuhkan biaya total sekitar Rp50 jutaan mulai masuk hingga lulus. Biaya ini sudah termasuk untuk biaya sekolah, makan, asrama, laundry, silabus buku serta pakaian dinas. “Kalau dibandingkan sekolah swasta biaya ini tidak ada apa-apanya,” kata Eki Altrian, Humas BPSDM Kementerian¬†Perhubungan, kepada Tribunnews.

Ia mengatakan, umumnya biaya sekolah penerbang swasta bisa berkisar antara Rp 300 juta hingga Rp 500 juta hingga lulus. Untuk bisa masuk ke ATKP tak cukup cakap akademiknya, tapi fisik dan mentalnya juga harus baik. Karena itu, seleksinya berjenjang mulai dari tes potensi akademik, kesehatan, kesamaptaan, psikotes dan wawancara.

Khusus untuk program studi penerbang setelah lulus potensi akademik dan kesehatan masih diadakan tes kesehatan penerbang dan tes bakat terbang. “Tes bakat terbang ini untuk memastikan, calon taruna tidak mudah panik, gampang bosan dan harus disiplin,” imbuhnya.

Semua taruna di ATKP di asramakan, demi menjaga ketahanan fisik dan konsentrasi mereka.¬†“Kami pakai pengawasan, proses online dan ada jasa konsultasi. Pembuatan soal juga dilakukan perguruan tinggi negeri seperti UI, ITB dan Unpad dan hasilnya akan ditampilkan, jadi tak mungkin ada kolusi. Kami tidak berani karena bisa celaka hasilnya,” tutup Eki.

Sebagai , biaya pendaftaran tahap 1 di sekolah ATKP Surabaya sebesar Rp450.000, yang meliputi pendaftaran dan biaya seleksi potensi akademik. Sementara biaya tahap 2 seharga Rp900.000, nominal ini digunakan untuk seleksi kesehatan. Dan biaya tahap 3 sebesar Rp768.000, yang meliputi seleksi psikotes, seleksi kesamaptaan, dan seleksi wawancara.

Loading...