Menarik Minat Wisatawan Berbagai Daerah, Obyek Wisata di Tumpang Malang Tawarkan Keindahan Alam

obyek, wisata, di, tumpang, malang, pantai, coban, lembah, resort, wisatawan, sekitar, daerah, jalan, lintas, jls, wilayah, lokasi, wahana, pendapatan, perhutani, spot, foto, pemandangan, alam, klasik, etnik, bali, objekLembah Tumpang Resort dari ketinggian (instagram: @ziqhkii)

, memiliki sejumlah obyek yang terkenal. Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke tempat itu, meskipun hanya sekadar berfoto dengan latar belakang keindahan .

Objek wisata yang ada di Tumpang dan sekitarnya antara lain Air Terjun Coban Jahe, Candi Jago, Air Terjun Coban Pelangi, Pemandian Sumberingin, hingga Lembah Tumpang Resort. Dari arah Sawojajar, Anda bisa mengarah ke selatan yaitu ke Cemorokandang. Lurus saja sampai Pakis dan tidak berapa jauh Anda sudah memasuki daerah Tumpang. Sampai di pangkalan ojek, ambil arah kiri, lurus hingga pertigaan. Kemudian, ambil arah kanan, dan sampailah di Lembah Tumpang.

Setiba di sana, Anda bakal disuguhkan pemandangan indah mulai dari taman, , bangunan purbakala dan termasuk juga patung-patung. Di tengah-tengah pemandian terdapat replika candi. Lokasi itu dinilai tidak kalah indah dari Pulau Dewata Bali.

“Tempatnya asri, banyak patung-patung yang memberikan kesan eksotis dan etnik. Ada candi yang memberikan kesan kerajaan. Lalu ada bangunan yang didesain ala Bali. Dan, kolam renangnya banyak. Ada air terjunnya, sehingga perpaduannya terlihat klasik. Dengan pemandangan seperti itu, dianggap cocok dijadikan sebagai spot foto,” tutur Dewi, salah seorang pengunjung.

Selain Lembah Tumpang, juga ada Coban Jahe yang sering dikunjungi wisatawan baik dari area Tumpang, Malang dan sekitarnya sampai dari luar daerah/kota. Derasnya debit air yang meluncur dari ketinggian tidak kurang dari 45 meter memercikkan air yang mengenai berbagai benda yang terdapat di bawahnya.

Bebatuan dan objek lain yang dekat dengan posisi jatuhnya air seakan tidak sedikitpun merasakan kekeringan, sedang yang berlokasi sedikit jauh dari air terjun yang dirasakan adalah hawa dingin dari percikan kecil yang terkadang menyentuh kulit, dan itu memberikan sensasi tersendiri.

“Untuk Coban Tundo di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) sementara waktu kami tutup. Hal itu dikarenakan di situ sering terjadi kecelakaan,” ulas Sugeng Siswantoro, Junior Manager Perum Perhutani KPH Malang.

Coban Jahe termasuk salah satu objek wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani. Perusahaan negara di bawah pengelolaan Meneg BUMN itu sedang melakukan pembenahan seluruh coban maupun pantai di seluruh wilayah Malang Raya. Hal itu dilakukan untuk mendongkrak pendapatan Perhutani.

Menurut Sugeng Siswantoro, KPH Malang sedang mengelola sebanyak 20 coban dan 26 pantai. Namun, dari jumlah itu, terdapat beberapa lokasi yang belum dilengkapi dengan wisata.

“Untuk mendongkrak pendapatan di sejumlah coban maupun pantai, kami terus optimalkan wahana wisata. Hal yang tak kalah penting juga infrastruktur akses masuk kawasan. Tetapi, khusus untuk wilayah Malang Selatan, kami harus menunggu hingga pembangunan Jalan Lintas Selatan (JLS) selesai,” ujar Sugeng.

Loading...