Mempermudah Produksi Pakan Ayam, Mesin Pemecah Jagung Dijual dengan Harga Variatif

Mesin Pemecah Jagung - kiosmesin.blogspot.comMesin Pemecah Jagung - kiosmesin.blogspot.com

Penggunaan dalam berbagai sektor kini telah banyak membantu manusia agar lebih cepat dan tentunya efisien. Hal ini juga berlaku untuk pakan seperti ayam atau unggas lainnya. Seperti diketahui, banyak hewan ternak yang masih mengandalkan jagung sebagai pangan utama. Namun jagung tersebut masih harus diolah atau digiling terlebih dahulu agar lebih mudah dikonsumsi oleh hewan ternak.

Apabila digiling secara manual tanpa bantuan mesin, tentunya hal itu cukup merepotkan dan memakan waktu yang sangat lama. Hal inilah yang mendorong pria asal Madiun bernama Yunus Wibowo menciptakan beragam mesin untuk memudahkan UKM. “Sukses memang tidak gampang diraih, kerja berat harus dilakoni,” kata Yunus yang mengaku tidak mudah dalam menekuni pembuatan mesin tersebut, seperti dilansir BeritaJatim.

Berawal dari mesin pembuatan kerupuk, Yunus tertarik menciptakan mesin-mesin lain bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) seperti penggiling daging, kopi, jagung, dan sebagainya. “Yang berminat akan saya latih cara dan pengoperasionalan sampai bisa,” paparnya.

mesin pemecah atau penggiling jagung untuk pakan ayam biasanya tergantung pada spesifikasi dan kapasitas penggilingan yang dihasilkan. Biasanya apabila kapasitas gilingan cukup besar dan hasilnya halus, maka yang dipatok pun lebih mahal.

Adapun harga mesin pemecah jagung atau padi dengan kapasitas 100-200 kg per jam dan menggunakan penggerak diesel 7-8 PK dijual sekitar Rp 7,5 juta. Jika ingin lebih murah, ada juga mesin penggiling tepung jagung kapasitas kecil (50 kg) tanpa diesel atau mesin penggerak yang harganya berkisar Rp 900 ribuan, sedangkan yang kapasitasnya 120 kg dijual mencapai Rp 2,35 juta. Mesin penggiling atau pemecah macam ini bukan hanya digunakan untuk menggiling jagung dan beras saja, tetapi juga dapat dipakai untuk menggiling biji kopi agar menjadi kopi bubuk.

Apabila membeli mesin penggiling dalam kondisi baru dirasa terlalu mahal, tak ada salahnya juga membeli mesin pemecah jagung dalam kondisi second atau bekas. Biasanya ada beberapa penjual yang menawarkan mesin penggiling bekas dalam kondisi yang masih bagus dan mampu berfungsi secara normal.

Loading...