Memperlancar ASI, Harga Daun Katuk Segar Relatif Murah

Daun Katuk Segar - www.bukalapak.comDaun Katuk Segar - www.bukalapak.com

JAKARTA – Daun katuk sejak dulu telah dipercaya mampu memperlancar ibu (ASI). Namun, tidak cuma itu, daun katuk ternyata juga dikatakan memiliki beragam manfaat untuk , seperti anti-diabetes, meningkatkan sperma, hingga sebagai flu. Di pasaran sendiri, daun katuk segar sekarang dengan yang cukup bersahabat.

Manfaat daun katuk untuk memperlancar produksi ASI telah dibuktikan dalam banyak penelitian. Dilansir Okezone.com, salah satu penelitian berjudul ‘Efektivitas Ekstrak Daun Sauropus Androgynous Dalam Meningkatkan Status Produksi ASI Ibu’ menemukan bahwa setelah ibu melahirkan, lalu menyusui, dan kemudian diberi ekstrak daun katuk selama 15 hari beruntun, hasilnya mampu meningkatkan produksi Asi sebanyak 66,7 ml atau 50,7 persen.

“Setiap 100 mg daun katuk mengandung 59 kalori, 70 gram air, 4,8 gram protein, 2 gram lemak, 11 gram karbohidrat, vitamin B6, vitamin C, dan juga vitamin D,” terang dr. Ameetha Drupadi, CIMI. “Selain -nutrisi tersebut, ekstrak daun katuk juga bisa meningkatkan hormonal, prolaktin, dan oksitosin, namun tentunya juga harus dirangsang dengan isapan bayi.”

Tidak hanya memperlancar pasokan ASI, daun katuk juga dikatakan menjadi salah satu obat anti-diabetes. Dalam riset berjudul ‘Sauropus androgynus (L.) Merr. Induced Bronchiolitis Obliterans: From Botanical Studies to Toxicology’, seperti dilansir CNN, Hamidun Bunawan dari Institute os Systems Biology menemukan bahwa daun katuk memiliki pengaruh pada kadar gula darah manusia dan cukup menjanjikan untuk mengendalikan diabetes.

Sementara itu, berdasarkan sebuah studi yang dirilis dalam Journal of Natural Remedies, daun katuk diklaim dapat mengobati luka pada permukaan kulit. Tes ini dilakukan dengan lima persen ekstrak daun katuk pada luka, baik pada tikus jantan maupun tikus betina. Studi itu menemukan bahwa ekstrak daun katuk dapat meningkatkan kontraksi pada luka, menutup luka, dan membuat penutup luka lebih kuat.

Tidak sulit mendapatkan daun katuk segar. Anda bisa membeli sayuran ini di , bahkan di situs jual beli online. Satu ikat daun katuk segar saat ini dijual dengan harga sekitar Rp9.000 sampai Rp12.000. Namun, ada juga petani yang menjual daun katuk segar dengan harga mulai Rp3.000 hingga Rp6.500 per ikat. Sementara, daun katuk kering sekarang dijual dengan harga Rp25 ribu sampai Rp30 ribuan.

Loading...