Memiliki Warna-Warna yang Menarik, Harga Lobster Hias Dibanderol Terjangkau

Lobster Australian Blue Pearl YabbyLobster Australian Blue Pearl Yabby - pinterest.com

Selama ini masyarakat mungkin lebih banyak mengenal lobster . Padahal ada juga lobster air tawar yang bisa digolongkan sebagai lobster untuk konsumsi maupun lobster untuk dipelihara dalam aquarium. Jenis lobster sangat beragam, mulai dari lobster Clarkii Merah, Blue Yabbi, Red Claw, Snow White, Clarkii Ungu, Mexico Shrimp, Tiger Papua, dan masih banyak lagi. lobster ini juga variatif, tergantung jenisnya.

Selain dipelihara di dalam akuarium, lobster hias juga bisa ditempatkan di kolam taman atau wadah-wadah lainnya. Dari sekian banyak lobster hias, rupanya lobster merah termasuk jenis yang cukup favorit. “Alhamdulillah, peminat lobster hias merah datang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak TK sampai orang dewasa senang memelihara satwa hias dari keluarga udang-udangan ini,” ungkap salah satu pembudidaya lobster merah asal Sleman, Sugiyono, seperti dilansir KRJogja.

Giyono sendiri mengaku senang membudidayakan lobster hias merah karena peminatnya cukup banyak. “Untuk membudidayakan jenis lobster ini sebaiknya umur sudah di atas empat bulan. Yang jenis jantan pada bagian perut seperti ada titik pusar, kalau betina tidak ada,” jelasnya.

Selain model pasangan satu jantang dengan satu betina, menurut Giyono mengawinkan lobster juga dapat dilakukan dengan mencampurkan 5 betina dan 3 jantan lobster. Tempat mengawinkan atau pemijahan bisa dilakukan di bak kolam, kolam terpal, dan aquarium. Tempat pemijahan perlu rutin dicek setiap hari. Apabila ada telur-telur yang mengapung, harus segera diambil dan dipindahkan ke tempat yang berbeda. “Kalau yang model satu jantan dan satu betina, bisa juga lobsternya yang diambil dan telurnya dibiarkan sampai menetas atau berubah menjadi larva,” ucapnya.

“Lobster dengan umur 1,5 sampai dua bulan sudah dapat dijualbelikan. Dengan umur ini saya menjualnya rata-rata Rp 5.000 per ekor. Cara menjualnya setiap ekor bisa ditempatkan di gelas plastik yang ada tutupnya. Bagian tutup diberi lubang, lalu diberi tanaman air jenis mawar apu yang mudah diperoleh di sawah-sawah,” papar Giyono.

Selain lobster merah, di pasaran juga ada lobster hias putih yang harganya bisa mencapai Rp 32 ribu per ekor, kemudian lobster orange harganya Rp 14 ribuan, lobster capit merah mulai Rp 8-15 ribuan, dan lobster yabby harganya berkisar antara Rp 25-40 ribuan per ekor.

Loading...