Memiliki Kekuatan Cukup Baik, Berapa Harga Kayu Kruing per Batang?

Harga, kayu, kruing, keruing, per, batang, kamper, kalimantan, jawa, kekuatan, kubik, ciri, adalah, suplier, toko, pohon,Ilustrasi: pengolahan kayu kruing (kayu.com)

Kayu adalah salah satu yang kerap digunakan dalam konstruksi. Ada banyak jenis kayu yang penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jenis kayu kruing yang biasanya digunakan untuk konstruksi bangunan, bak truk, hingga perkapalan atau perahu.

Di beberapa wilayah, kayu keruing juga disebut dengan istilah ariung, kayu kawan, kenan, keladan, dermala, kawang, atau klalar. Kayu ini seringkali ditemukan di wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Ciri-ciri dari keruing ini adalah memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan panjang bebas cabang bisa mencapai 35 meter. Tekstur kayu kadang agak kasar, dengan arah serat lurus, namun kadang agak terpadu. Permukaan kayu licin, dan seringkali lengket.

Selain dikenal sebagai kayu khas tropis, kayu keruing juga dikenal sebagai salah satu jenis kayu yang memiliki nilai cukup baik di pasaran. Pasalnya, kayu ini memang banyak dibutuhkan, terutama oleh -industri pengolahan kayu. Hal tersebut berdampak pada popularitas kayu keruing yang semakin dan memiliki nilai jual di pasaran.

Khusus untuk Pulau Jawa, pemanfaatan jenis kayu ini tergolong cukup banyak dibanding daerah lain. Tidak mengherankan, karena di Jawa kini memang telah banyak berdiri industri mebel dan industri pengolahan kayu. Oleh sebab itu, tentu banyak yang membutuhkan pasokan kayu pertukangan secara rutin setiap bulannya demi menjaga kelancaran proses produksi.

Namun, jika dibandingkan dengan jenis kayu pertukangan yang umum digunakan saat ini, seperti jenis kayu jati atau kayu mahoni, proses pengerjaan kayu keruing memang agak sulit. Meski demikian, kayu ini dianggap cocok untuk kayu pertukangan, sebab kayu keruing memiliki tingkat kekerasan sangat bagus sehingga daya rekatnya sangat kuat ketika disekrup nantinya.

Kayu keruing tergolong jenis kayu dengan tingkat keawetan kelas III, meskipun masih ada kemungkinan lapuk atau keropos tapi tingkatannya medium dan bisa dibilang cukup awet. Tingkat keawetannya mungkin setara dengan kayu mahoni, namun masih di bawah tingkat keawetan kayu jati.

Kayu kruing berbagai ukuran saat ini dijual seharga Rp7,1 juta per kubik. Penjualan juga dilayani secara eceran atau per batang. Misalnya kayu kruing kaso batangan ukuran 4x6x400 dijual seharga Rp4.5 juta, dan kayu keruing reng batangan ukuran 3x4x400 dijual dengan lebih murah Rp4.250.000.

Sriyani, pemilik toko bangunan Catur Jaya di Jalan Gatot Subroto Barat Denpasar, mengatakan, di tempat usahanya tersedia beberapa jenis kayu untuk memenuhi permintaan konsumen. “Harga kayu terutama kruing dan kamper mengalami peningkatan sejak awal Februari 2018. Sebelumnya kayu kruing kami jual Rp 6,8 juta sedangkan kayu kamper Rp 7 juta per kubik. Kayu jenis kruing paling laku di pasaran,” katanya di laman Bali.

Ia menambahkan bahwa kayu jenis kruing dan kayu kamper yang dijualnya berasal dari Kalimantan. Sementara pasokannya disalurkan oleh supplier dari Surabaya.

Loading...