Membuat Produk dari Resin, Ini Harga Silikon Cair untuk Cetakan

Tutorial membuat molding (cetakan) silicone rubber RTV-48Tutorial membuat molding (cetakan) silicone rubber RTV-48 - youtube.com

JAKARTA – Ketika Anda ingin membuat benda dari resin, namun tidak ada cetakan yang tersedia di atau cetakan tersebut terlalu rumit, maka salah satu opsi yang bisa dipilih adalah cetakan dari silicone rubber. Ini yang pada dasarnya bersifat liquid atau , namun akan membeku dengan penambahan hardener. Di pasaran, silikon ini sekarang berkisar puluhan hingga ratusan ribu rupiah, tergantung tipe dan kemasannya.

Secara umum, silicone rubber yang sering dijual di bahan kimia terdiri dari dua , yaitu silicone rubber RTV 585 dan silicon RTV 586. Namun, ada juga yang menjual silicon rubber RTV 48 dan silicon rubber RTV 495. Untuk silicon RTV 48 kemasan 200 gram, sekarang dijual dengan harga Rp52 ribuan, sedangkan kemasan 1 kg sekarang dilepas di kisaran harga Rp237 ribuan.

Sementara, untuk Anda yang ingin membeli silicon RTV 588 kemasan 1 kg, harganya di pasaran saat ini berkisar Rp308 ribuan, sedangkan silicon RTV 495 sekarang dijual dengan harga Rp65 ribuan untuk kemasan 250 gram. Adapun silicon rubber RTV 586 kemasan 1 kg, saat ini dipasarkan di kisaran harga Rp220 ribuan per kaleng.

“Untuk membuat cetakan dari silicon cair, bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan antara lain silicon rubber, katalis atau hardener, yang ingin dicetak, wadah untuk yang ingin dicetak, wadah untuk mencampur silicon rubber, batang pengaduk, dan tusuk gigi,” tulis Sinar Kimia. “Untuk wadah mencampur silicon, bisa menggunakan gelas ukur, gelas , atau lainnya.”

Masukkan model yang ingin dicetak ke dalam wadah pertama. Kemudian, tuang silicon rubber dengan jumlah secukupnya menyesuaikan model yang ingin dicetak ke dalam wadah kedua. Lalu, tuang katalis (hardener) kurang lebih sebanyak 3% dari silicon rubber. Kemudian, tuang silicon rubber dan katalis (hardener) yang telah dicampur ke dalam cetakan dengan perlahan. Setelah terisi, diamkan selama kurang lebih 2 jam, maka cetakan sudah siap untuk dilepas dari wadah pertama.

Loading...