Memberikan Tampilan Mewah, Berapa Harga Perhiasan Emas 22 Karat Per Gram Hari Ini?

harga, perhiasan, emas, 22, karat, per, gram, hari, ini, kenaikan, turun, tingkat, pembelian, murni, pembeli, menabung, idul. fitri, hari, raya, kawasan, aceh, barat, medan, dana, investasi, tahun, 2018Perhiasan emas wanita 22 karat (sumber: Dailymotion)

kerap menjadi pilihan aksesoris bagi . Hal itu mungkin disebabkan oleh meningkatnya prestise jika memakai aksesoris yang tampak . Perhiasan emas tersedia dalam beberapa pilihan, yaitu pilihan gram dan karat. Misalnya saja Anda memilih perhiasan emas 22 karat, harga per gram hingga hari ini sekitar Rp 566.792.

Harga perhiasan emas menjadi lebih jika Anda membeli yang karat (tingkat kemurnian emas) lebih tinggi, misal 24 karat. Dan, pertambahan (gram) juga bisa memengaruhi harga yang harus Anda bayarkan.

Perubahan harga (meningkat atau menurun) bisa disebabkan karena kondisi tertentu. Namun, bisa jadi kondisi atau saat tertentu itu, ternyata tidak berpengaruh terhadap , seperti pada saat Idul Fitri tahun 2018. Tingkat pembelian emas meningkat sejak sepuluh hari sebelum hari raya. Sementara, harga emasnya sendiri tidak terjadi kenaikan.

Salah seorang penjual emas di Pasar Sukaramai, Zul, mengatakan bahwa harga emas alias tidak mengalami kenaikan atau penurunan yang signifikan. Jika terjadi penurunan, masih dalam batas normal naik turunnya harga emas.

“Banyaknya masyarakat yang melakukan pembelian emas dikarenakan mereka masih memanfaatkan dana tunjangan hari raya (THR) untuk berupa emas. Untuk naik turunnya harga memang telah biasa terjadi untuk harga emas. Hari ini turun, besok bisa naik dan sebaliknya, turunnya juga relatif stabil,” katanya.

Sebagian pembeli emas di Pasar Sukaramai merupakan orang tua yang membelikan untuk dipakaikan kepada anaknya. Sisanya, banyak yang membeli emas untuk pernikahan atau pertunangan. “Biasanya bulan Syawal itu banyak yang hajatan, kayak pertunangan atau pernikahan. Jadi banyak juga yang cincin couple atau jenis perhiasan lainnya,” tutur Zul.

Sementara itu, dari sudut pandang pembeli, Dina, salah seorang konsumen emas mengatakan bahwa dirinya membeli emas untuk memanfaatkan dana yang ada untuk menabung. “Saya suka beli emas, bisa untuk investasi. Karena kalau mau pergi masih bisa digunakan, sementara kalau perlu dana emasnya bisa dijual kembali,” ujarnya.

Jika Anda membeli emas atau perhiasan emas memang untuk disimpan dan digunakan, sebaiknya mengetahui bagaimana cara merawat dengan benar. Terlebih untuk perhiasan emas yang tersedia dalam bentuk kalung, cincin, gelang. Sebaiknya perhiasan emas direndam menggunakan air hangat.

“Misalnya setelah olahraga dipakai, cepat-cepat setelah itu direndam di air hangat supaya kotoran, keringat hilang. Jadi, tidak ada flek,” ujar Creative Director UBS Gold, Erwin Suganda.

Ia menganjurkan untuk melakukan perendaman air hangat setidaknya seminggu dua kali atau seminggu sekali. Supaya terbiasa, Anda bisa merendam perhiasan emas di air hangat setiap sehabis digunakan. Misalnya, merendamnya di gelas sebelum tidur. Waktu perendaman cukup selama lima menit atau bisa lebih. “Paling gampang habis pakai, sewaktu mau tidur, taruh aja di gelas. Rendam, bangun pagi sudah bersih,” tutur Erwin.

Loading...