Membantu Dapatkan Keturunan, Biaya Promil ke Bidan Dinilai Lebih Terjangkau Daripada Dokter

biaya, promil, ke, bidan, kondisi, pasangan, suami, istri, program, hamil, rekomendasi, infertilitas, ketidaksuburan, kasus, pria, wanita, jutaan, rupiah, di, atas, konsultasi, vitamin, obatIlustrasi: perut ibu hamil

hamil (promil) dilakukan oleh pasangan suami demi mendapatkan keturunan. Menurut beberapa orang, waktu yang tepat melakukan promil adalah relatif, kapan saja pasangan siap untuk memiliki anak. Hal itu karena promil membutuhkan kesiapan lahir, batin, dan juga materi.

Ada pasangan yang melakukan promil setahun setelah menikah, ada pula yang kurang dari satu tahun, bahkan ada juga yang lebih dari satu tahun. Kondisi itu mungkin dirasa sudah tepat karena hambatan seperti keadaan fisik (kesehatan), serta mungkin yang tadinya jarak antara suami istri yang berjauhan sudah teratasi, dan lainnya.

Promil bisa dilakukan di dokter kandungan atau juga di . Untuk , mungkin bisa saja jauh berbeda, lebih mahal jika Anda melakukan di dokter. Apabila ke bidan, mungkin biayanya tidak mencapai jutaan. Namun, apabila dilakukan di dokter, biayanya bisa mencapai jutaan . tersebut biasanya sudah mencakup konsul, usg transv & jasa (apabila ke dokter) dan juga vitamin/.

Mengenai sebaiknya promil ke bidan atau dokter, itu tergantung keputusan masing-masing pasangan. Ada baiknya Anda juga menanyakan pendapat orang terdekat. Berdasarkan pengalaman beberapa orang, baik bidan atau dokter, keduanya sama-sama membantu program hamil.

Memiliki keturunan memang merupakan keinginan sebagian besar pasangan suami istri. Belum adanya tanda-tanda bukan berarti itu disebabkan ketidaksuburan. Mungkin saja memang pasangan itu menunda memiliki momongan.

Namun, bagi Anda yang memang mengalami infertilitas (ketidaksuburan), tetapi ingin punya anak, jangan khawatir. Kondisi tidak subur itu suatu keadaan di mana belum terjadi kehamilan meski tidak menggunakan kontrasepsi apapun dan telah melakukan hubungan seksual secara teratur dalam 6 bulan sampai 1 tahun.

Konsultan obstetri dan ginekologi dengan subspesialis fertilitas Siloam Hospitals Kebon Jeruk, dr med Ferdhy Suryadi Suwandinata Sp OG (K FER) mengatakan, infertilitas biasanya ada penyebab utamanya.

Penyebab utama itulah yang perlu dicari tahu sebelum dokter kebidanan dan kandungan dapat memberikan rekomendasi untuk program kehamilan. “Sebelum menentukan jenis program kehamilan yang akan dilakukan, maka perlu dipastikan terlebih dahulu apa penyebab sulit hamil tersebut. Memang tidak semua dapat dijelaskan penyebabnya. Sebab ada sekitar 20 persen kasus sulit hamil tidak diketahui penyebabnya atau disebut unexplain fertility,” kata dr. Ferdhy.

Menurut Ferdhy, infertilitas pada wanita dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor hormonal, gangguan pematangan sel telur, endometriosis, miom, kista, tumor, bahkan kanker.

“Bagi wanita maupun pria, sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri, melakukan konsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan dan yang tepat dan efektif. Hal ini penting dilakukan untuk dapat meminimalkan perkembangan maupun efek dari penyebab infertilitas, terutama pada kasus endometriosis,” katanya.

Loading...