Melempem, Rupiah Siang ini Tembus Level 13.400

Rupiah-USDPaska libur lebaran, posisi terhadap makin terdesak ke teritori negatif. Sejak dibuka pagi ini (23/7), Rupiah sudah mendekat ke level 13.400-an. melansir posisi Rupiah siang ini berada di level Rp 13.420 per Dolar Amerika dengan kisaran pergerakan harian Rp 13.385 hingga Rp 13.425 per Dolar AS. Indeks Dolar pun menunjukkan hal serupa yang menempatkan Rupiah pada level Rp 13.413 per Dolar AS, lebih rendah 38 poin dibandingkan posisi penutupan kemarin (22/6) di level Rp 13.375 per Dolar AS.

Bank Indonesia melalui referensi (Jakarta Interbank Spot Rate) menetapkan Rupiah pada level Rp 13.394 per Dolar AS, 26 poin dibandingkan posisi penutupan sebelumnya yang tersangkut di level Rp 13.368 per Dolar AS. Fenomena pelemahan Rupiah kali ini diperkirakan sebagai dampak dari rencana penaikan suku bunga acuan oleh AS (Federal Reserve) yang juga dibarengi dengan ketidak stabilan kondisi fundamental perekonomian Indonesia sendiri.

Menurut Ariston Tjendra, Kepala Riset PT Monex Investindo, Sentimen terkait rencana penaikan suku Bungan acuan oleh The Fed telah bergulir hebat, meskipun sebenarnya rencana tersebut masih dalam tahap pengkajian terkait kondisi perekonomian global. “The Fed masih mempertimbangkan kondisi Eropa dan China jika suku bunga jadi dinaikkan,” tandasnya (23/7). “Kekhawatiran tentang sudah mereda. Di sisi lain, fundamental kita malah terlihat belum stabil,” ungkap Ariston.

Loading...