Melalui Online, Biaya Pembuatan SIM di Surabaya Belum Ada Perubahan

Surat Izin Mengemudi - (Sumber: polri.go.id)Surat Izin Mengemudi - (Sumber: polri.go.id)

Menurut sebagian orang, membuat baru atau memperpanjang masa berlaku SIM ( izin Mengemudi) merupakan prosedur yang cukup melelahkan. Hal ini dikarenakan administrasinya cukup banyak yang harus dilengkapi. Tidak terkecuali di kota-kota besar, seperti .

Untuk mempermudah proses pembuatan SIM, di Polrestabes Surabaya Satpas Colombo, sudah menjalankan SIM online dengan baik. AKBP Ade Wiranegara Siregar, Kasatlantas Polrestabes Surabaya mengatakan bahwa pihak Satpas Colombo Surabaya sudah memberlakukan dan pembuatan SIM secara online.

Dengan adanya SIM Online, diharapkan masyarakat dapat melakukan perpanjangan dan pendaftaran baru di Satpas Colombo, tanpa harus pulang ke kampung halaman. Hal tersebut menjawab keraguan masyarakat yang mempunyai KTP luar kota Surabaya.

“Kami sudah melakukan sosialisasi, ada tagline tidak perlu pulang kampung kalau mau mengurus SIM. Satpas Colombo siap menerima,” kata AKBP Ade Wiranegara.

Selain itu, katanya, biaya pendaftaran baru ataupun perpanjangan SIM baru di Surabaya masih sama seperti sebelumnya, belum ada perubahan.

Untuk nominal yang harus dibayarkan, biaya pembuatan SIM telah sesuai dengan Peraturan Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan atas Penerimaan Negara Bukan (PNBP) yang berlaku di Kepolisian Republik .

Untuk tarif penerbitan SIM baru, misalnya SIM A, dikenai Rp 120.000, SIM B I & II tarifnya Rp 120.000, dan SIM C Rp 100.000. Sedangkan untuk perpanjangan, tarif untuk SIM A Rp 80.000, SIM B I & II Rp 80.000, SIM C Rp 75.000.

SIM online di Surabaya hanya dapat melayani pengurusan SIM A dan C saja. Untuk perpanjangan kedua SIM tersebut dapat dilakukan di 75 satpas di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk pendaftaran SIM A dan C dengan sistem online baru bisa dilakukan di Jawa Tengah (Jateng) dan () sementara ini.

“Sehingga masyarakat di luar Jatim bisa mengurus perpanjangan ataupun pengurusan baru di Satpas Colombo. Syaratnya sama seperti membuat SIM pada umumnya.” ujar Kasatlantas Polrestabes Surabaya.

“Saya juga mengimbau bagi masyarakat yang mengurus atau memohon SIM A dan SIM C, kami tunggu di Satpas Colombo,” tambah AKBP Ade Wiranegara Siregar.

Colombo dikenal sebagai kantor pelayanan SIM atau kantor Satlantas Polrestabes Surabaya. Alamatnya di Jl. Ikan Krapu No 2-4 Kota Surabaya. Jika dari arah Tugu Pahlawan, mengikuti jalan ke arah Tanjung Perak, akan terdapat petunjuk jalannya.

Samsat Colombo pernah mendapatkan predikat SIM Terbaik se-Indonesia. Predikat ini tersematkan karena sistem pelayanan Samsat ini baik dan bebas dari jasa pengurusan SIM atau biasa disebut calo.

Hal tersebut tampak saat pertama kali memasuki areal parkir, masyarakat akan menemukan spanduk bertuliskan “Tanpa Calo, Anda Selangkah Lebih Maju.”

Loading...