Material Multifungsi, Harga Triplek 2mm Mulai Rp32 Ribuan/Lembar

Harga Triplek Per Lembar - situshargabangunan.blogspot.co.id

Anda pasti sudah tidak asing dengan . Ini adalah salah satu olahan yang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia, terutama pembuat perabotan, karena dinilai sangat praktis. Di , ini biasanya dijual dalam bentuk lembaran, dengan triplek 2mm sekarang dilepas di kisaran harga Rp32 ribuan sampai Rp37 ribuan per lembar.

“Triplek adalah salah satu produk olahan dari bahan kayu solid, yang terbuat dari lembaran kayu tipis yang biasa disebut dengan veneer,” tulis situs Biopolish. “Setiap veneer nantinya disusun dengan saling tindih dengan arah serat yang saling melintang, lalu dilekatkan di bawah tekanan yang besar. Meski bernama triplek, kayu ini tidak selalu memiliki tiga lapisan.”

Ada beberapa perabotan rumah tangga yang mengaplikasikan triplek sebagai bahan dasar. Yang umum ditemukan adalah lemari pakaian serta rak TV atau meja. Selain itu, triplek juga sering dimanfaatkan sebagai plafon (biasanya berukuran 122 cm x 244 cm dengan ketebalan mulai 3 mm) dan sekat atau pembatas kamar di dalam ruangan.

Sementara, bagi mereka yang memiliki pemikiran kreatif, triplek dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan maupun barang seni yang bernilai tinggi. Stephanus Martin, salah seorang warga Dusun Krajan, Desa Asinan, Kecamatan Bawean, Kabupaten Semarang, misalnya, memanfaatkan triplek sebagai bahan dasar membuat miniatur bus, yang kini bisa dijual dengan harga hingga Rp2,5 jutaan.

“Kalau bahan bakunya triplek, tetapi ke depannya saya akan buat dari bahan fiber agar lebih bagus. Untuk membuat satu miniatur bus, membutuhkan waktu tiga minggu,” katanya. “Ada beberapa pesanan miniatur bus yang saya kirim hingga Medan dan Pontianak. Bahkan, beberapa driver bus dari perusahaan otobus juga ada yang pernah memesan.”

Memang, tidak sulit menemukan triplek karena telah dijual bebas di pasaran. Seperti diutarakan sebelumnya, triplek yang memiliki ketebalan 2mm, dengan ukuran 122 x 244 cm, sekarang dijual Rp32 ribuan hingga Rp37 ribuan per lembar. Sementara, triplek yang lebih dipasarkan dengan harga mulai Rp44 ribuan hingga Rp245 ribuan per lembar.

Loading...