Masyarakat Enggan Berkunjung, Biaya Konsultasi Dokter Gigi Mahal?

Konsultasi Dokter Gigi - www.wharncliffewalkin.com - www.wharncliffewalkin.com

Umumnya, ketika memeriksakan diri ke atau , termasuk ke dokter gigi, selain untuk , pasien juga akan dikenakan untuk konsultasi. Besaran konsultasi ke dokter gigi sendiri beragam, tergantung kebijakan masing-masing dokter atau , namun biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya konsultasi ke dokter umum.

“Sebenarnya, biaya konsultasi dokter dapat berbeda di tiap fasilitas . Karena itu, ketika Anda mendaftar untuk berobat, Anda juga perlu menanyakan perkiraan biaya yang akan Anda keluarkan kepada bagian kasir atau bagian informasi,” jelas dr. Annes Waren, interactive medical advisor di Alodokter.com. “Jika dana Anda terbatas, Anda bisa berobat ke puskesmas atau menggunakan layanan .”

Salah satu orang tua yang memeriksakan gigi anaknya di Apotek Rumah Safa, Surabaya, mengaku mengeluarkan biaya konsultasi sebesar Rp80.000, ditambah biaya pendaftaran sebesar Rp25.000. Sementara, Klinik Afiah yang berlokasi di Jalan Ciwaringin, Bogor mematok biaya sebesar Rp30.000 untuk konsultasi ke dokter gigi.

Dengan biaya konsultasi yang sebesar itu, banyak masyarakat yang kemudian enggan pergi ke dokter gigi. Padahal, untuk mencegah masalah gigi berlubang, selain rutin menggosok gigi, masyarakat disarankan untuk rutin memeriksakan gigi mereka ke dokter setiap enam bulan sekali. “Dokter gigi butuh peralatan dan untuk merawat pasien,” ujar drg. Bambang Nursasongko, SpKG(K) dari Universitas .

“Untuk masyarakat yang keberatan dengan mahalnya biaya perawatan gigi, bisa berobat di rumah sakit pendidikan yang ditangani oleh para mahasiswa kedokteran gigi,” sambung drg. Bambang. “Para mahasiswa itu sudah disumpah sebelum diperbolehkan masuk menangani pasien. Setiap tahap penanganan pasien, pekerjaan mahasiswa itu selalu diperiksa oleh dokter.”

Sementara itu, drg. Anggia Ratri Renjana mengungkapkan bahwa bila rutin periksa gigi selama enam bulan sekali, keluhan sakit gigi bisa terhindari. Dokter gigi pun akan mengetahui dan merawat secara dini bila ada gigi yang berlubang. “Jadi, biaya yang dikeluarkan juga tidak mahal dibandingkan bila masalah gigi sudah parah,” tutur dokter yang akrab disapa Anggia tersebut.

Loading...