Masuki Ramadan, Harga Buah-Buahan per Kg Melambung Tinggi

Harga, buah, buahan, per, kg, di, pasar, naik, bulan, Ramadan, pedagang, pembeli, melon, apel, naga, semangka, kilogram, sayur, kelapa, konsumen, penjual, Lampung, Muaraenim, Tanjung EnimPasangan suami istri memilih buah-buahan di supermarket

Buah-buahan menjadi salah satu yang difavoritkan banyak orang. Karena di dalamnya terdapat asupan yang memiliki kandungan berbagai nutrisi dan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Memasuki bulan Ramadan, kebutuhan akan buah-buahan umumnya meningkat. Hal ini memberikan keuntungan bagi sejumlah pedagang buah di . Sama halnya pedagang buah dan pedagang kelapa di Muaraenim dan Tanjung Enim. Pasalnya, pesanan kelapa parut, air santan, serta buah-buahan disebut meningkat drastis.

Dilansir dari Tribunnews, para pedagang kelapa dan buah-buahan tersebut kewalahan melayani pembeli yang akan menggunakan kelapa paut, air santan, ataupun buah-buahan sebagai salah satu bahan untuk menu berbuka puasa. Hal ini dibenarkan oleh Sri (30), salah satu pedagang kelapa di Pasar Inpres Muaraenim, ia mengatakan bahwa memasuki bulan Ramadan ini pihaknya kebanjiran pesanan kelapa parut dan air santan.

Kebanyakan pembeli yang menjadi langganannya adalah pedagang yang kerap berjualan di pasar Ramadan. “Satu pembeli bisa beli sekitar 4 hingga 10 butir kelapa karena kelapa adalah salah satu bahan yang penting untuk membuat berbagai menu berbuka puasa,” ┬ájelasnya.

Sementara untuk kelapa di bulan Ramadan sedikit mengalami . “Kalau butir utuh tanpa diparut kita jual Rp 5 ribu tapi kalau diparut kita jual Rp 6 ribu dan untuk bulan puasa ini harga kelapa parut naik jadi Rp 7 ribu,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Ana (38), salah satu pedagang buah di pasar baru Tanjung Enim mengaku juga kebanjiran rezeki dari penjualan buah yang ia jual. “Buah yang paling banyak diburu pembeli di antaranya buah untuk bahan baku membuat es buah seperti semangka, pepaya, apel, melon namun ada juga yang membeli buah lainnya untuk dikonsumsi seperti biasanya,” katanya.

Di wilayah lain, tepatnya di Pasar Inpres Kalianda, Lampung Selatan, sejak awal Ramadan harga buah naga dan semangka melambung tinggi. Sedangkan harga sayuran tetap stabil. Menurut Erwin (36), buah di pasar tersebut mengatakan, saat ini harga buah naga naik mencapai Rp10 ribu per kilogram. Harga buah tersebut naik dari harga Rp25 ribu per kg menjadi Rp35 ribu per kg.

Sedangkan, untuk harga buah semangka kenaikan sebesar Rp2 ribu per kg. Saat ini harga buah semangka sebesar Rp7 ribu per kg dari harga Rp5 ribu per kg. “Sudah sepekan terakhir ini harga buah naga dan semangka naik, mas. Naiknya harga buah tersebut akibat daya minat beli yang tinggi, sementara stok tidak ada. Saya saja kesulitan untuk mendapatkan pasokan buah-buahan tersebut. Ditambah lagi memasuki puasa biasanya konsumen membeli buah tersebut untuk menu berbuka puasa,” ucapnya kepada Lampost.

Loading...