Masih Proses Desain, Ini Rute MRT Jakarta Fase 3

MRT Jakarta - finance.detik.comMRT Jakarta - finance.detik.com

Pada hari Minggu (24/3) kemarin, , Joko Widodo, meresmikan pengoperasian MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta fase 1 Lebak Bulus-Bundaran HI. Setelah itu, pemerintah mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk segera mengebut MRT fase 2 dan fase 3 secara paralel.

Untuk diketahui, proyek MRT fase 2 akan melewati rute dari Bundaran Hotel Indonesia menuju . Sementara, MRT fase 3 akan membentang dari Ujung Menteng, Jakarta Timur, hingga ke Kalideres di Jakarta Barat. PT MRT Jakarta sendiri saat ini sedang mendesain proyek fase tersebut. “MRT fase 3 itu sepanjang 31 km, mulai dari Kalideres hingga ke Ujung Menteng. Dananya belum kami tentukan, tetapi ini sedang dalam desain,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar.

“Japan International Cooperation Agency (JICA) yang didirikan pemerintah Jepang sudah menyatakan siap memberikan pinjaman dana untuk MRT fase 3, sama halnya dengan MRT fase 1 dan fase 2,” sambung William. “Namun, PT MRT Jakarta masih mempertimbangkan beberapa opsi lain mengenai sumber pendanaan untuk MRT fase 3 ini.”

Untuk MRT Jakarta fase 2, pihaknya sudah menyelesaikan lelang paket proyek CP 200 untuk pembangunan gardu bawah tanah di Monas. Lelang paket proyek tersebut dimenangkan oleh PT Trocon Indah Perkasa. Selain CP 200, PT MRT Jakarta telah menyiapkan enam paket lelang konstruksi dan pengadaan kereta untuk keperluan fase 2, yaitu CP 201 hingga CP 206.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi sudah meresmikan MRT Jakarta fase 1 yang menghubungkan Lebak Bulus dengan Bundaran HI. Rute ini masih akan dioperasikan hingga tanggal 31 Maret mendatang. Kemudian, per tanggal 1 April 2019, penumpang yang naik MRT Jakarta akan dikenakan tarif sebesar Rp8.500 per orang, hasil keputusan rapat DPRD DKI Jakarta.

“Hal itu telah mempertimbangkan kesanggupan dan kemauan warga untuk menggunakan MRT Jakarta sebagai transportasi umum,” papar Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, seusai rapat. “Akhirnya, hari ini diputuskan tarif rata-rata MRT Jakarta senilai Rp8.500 per orang dan tarif LRT Jakarta sebesar Rp5.000 per orang.”

Loading...