Masih Jadi Favorit, Ini Kisaran Biaya Filler Dagu

Ilustrasi: suntik filler pada wajah (sumber: purebeau.le)Ilustrasi: suntik filler pada wajah (sumber: purebeau.le)

JAKARTA – filler merupakan salah satu perawatan wajah yang sedang tren di kalangan kaum . Salah satu area wajah yang sering di-filler adalah , yang umumnya bertujuan untuk meninggikan atau melancipkan bentuk . Biaya yang diperlukan untuk filler ini bervariasi, tergantung filler yang digunakan serta kebijakan masing-masing atau klinik kecantikan.

“Filler bisa digunakan untuk mengisi kekosongan volume pada wajah bagian bawah, misalnya pipi dan garis senyum,” jelas Dermatolog Shilpi Khetarpal, MD, dilansir Kompas. “Selain itu, filler juga bisa digunakan untuk menambah volume, seperti pada bagian tulang pipi yang menonjol karena faktor usia atau untuk membuat bibir tampak lebih penuh.”

Sudah banyak klinik kecantikan yang menyediakan layanan filler di wajah, termasuk di area dagu. Harga atau biaya yang diperlukan bervariasi, tergantung masalah dan hasil yang diinginkan . Menurut dr. Olivia Ong, Idol of Anti-Aging Medicine 2018, konsumen perlu menyediakan dana mulai Rp4 juta untuk perawatan filler wajah.

Sementara itu, Miranti Kenchana, Public Relations & Corporate Communication Restylane, mengatakan bahwa kisaran untuk perawatan suntik filler di area wajah antara Rp5 juta sampai dengan Rp7 jutaan. Namun, ini tergantung pada pemakaian tipe produk yang mana, misalnya seperti partikel yang besar atau sedang atau yang paling halus.

Klinik kecantikan Doctor M misalnya, yang berlokasi di kawasan Pasteur, Bandung, dilansir dari situs resminya, mematok harga filler dagu sekitar Rp3 jutaan hingga Rp6,5 jutaan per ml, tergantung jenis filler. Selain itu, klinik ini juga menawarkan filler untuk V Shape Face dengan biaya mulai Rp5,5 jutaan hingga Rp6,5 jutaan per ml.

Meski bisa membuat wajah lebih , namun filler ternyata tidak lepas dari risiko . Dilansir dari CNN, filler bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk jangka panjang, misalnya pembengkakan di area suntikan, kelumpuhan otot wajah, kematian sel , hingga risiko kebutaan apabila filler dilakukan di area mata.

Loading...