Masa Berlaku 6 Bulan, Biaya Visa UK Dipatok Mulai USD 126

Visa United Kingdom - blog.reservasi.comVisa United Kingdom - blog.reservasi.com

Berkunjung ke lain seperti United Kingdom (UK) alias ternyata membutuhkan agar Anda bisa masuk ke sana secara bebas dalam kurun waktu tertentu. Pemerintah menerapkan beberapa visa, yakni Standard Visitor untuk kunjungan , Short-term Study untuk pelajar, Transit, hingga visa kunjungan anak-anak dan orang tua yang hendak mengunjungi anak-anaknya di . visa UK dipatok variatif, tergantung jenis visa yang hendak didaftarkan.

Menurut Head of Prosperity/Economic Section British Embassy Jakarta, Joe Beeley, aplikasi visa ke Kedutaan Besar Inggris bagi Warga Negara Indonesia (WNI) ternyata sama sekali tidak susah karena aplikasinya tergolong mudah. “Sama sekali tidak sulit. Visa selesai dalam 15 hari, namun 96 persen permohonan dikabulkan,” kata Beeley, seperti dilansir Kompas.

Lalu berapa lama masa berlaku visa Inggris untuk kunjungan wisata? Adapun untuk standard visitor visa (untuk UK, Isle of Man, Jersey, dan Guernsey), masa berlaku visa short term adalah 6 bulan dan dapat digunakan untuk single atau multiple entry. Selama kurun waktu 6 bulan, pemegang visa UK bisa bebas keluar-masuk Inggris tanpa perlu aplikasi ulang.

Menurut informasi dari situs resmi UK Visas & Immigration, biaya visa UK tahun 2018 untuk kategori Standard Visitor Visa (berlaku 6 bulan) dipatok USD 126 atau sekitar Rp 1,9 jutaan jika dikonversikan dalam rupiah. Syarat atau proses aplikasi visa UK pun mudah, pemohon tinggal melengkapi dan mengirimkan formulir aplikasi permohonan visa secara di Visa4UK, janji untuk hadir di pusat permohonan visa, membayar biaya permohonan visa, hingga melengkapi data informasi biometrik, sidik jari, dan foto wajah.

Di Indonesia sendiri juga ada penyedia jasa pengurusan visa UK, salah satunya VFS Global. Salah satu jenis layanan pembuatan visa unggulan dari VFS Global adalah priority visa yang merupakan hasil kerja sama dengan pihak UK Visas & Immigration. Layanan Priority Visa UK tersebut dikenai tarif sebesar Rp 4.028.000.

Visa prioritas ini kabarnya akan diproses terlebih dahulu dari permohonan visa lain. Dalam keadaan normal, permohonan visa prioritas akan diproses dalam 3-5 hari kerja (non-settlement) dan 10 hari kerja (settlement). “Di Indonesia, Anda bisa mendapatkan visa dalam lima hari menggunakan layanan prioritas ini,” tutup Beeley.

Loading...