Aktivitas Manufaktur AS Membaik, Rupiah Berakhir Melemah

Rupiah - beritacenter.comRupiah - beritacenter.com

JAKARTA – harus puas berada di zona merah pada Kamis (2/7) sore, ketika aktivitas AS sepanjang bulan kemarin dilaporkan mengalami lonjakan tertinggi selama 14 bulan di tengah pandemi . Menurut paparan Index pada pukul 14.57 WIB, Garuda melemah 95 poin atau 0,67% ke level Rp14.378 per AS.

Sementara itu, data yang dirilis pagi tadi menetapkan kurs tengah atau Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) berada di posisi Rp14.516 per dolar AS, terdepresiasi 175 poin atau 1,22% dari perdagangan sebelumnya di level Rp14.341 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, rupiah juga terperosok 52 poin atau 0,37% ke posisi Rp14.335 per dolar AS.

Dari pasar global, indeks dolar AS berada pada posisi defensif melawan mata uang yang lebih sensitif terhadap pertumbuhan pada hari Kamis, menyusul data ekonomi AS dan Eropa yang meningkat, meskipun kekhawatiran tentang virus corona menumpulkan risiko yang lebih agresif sebelum angka pekerjaan AS mendatang. Mata uang Paman Sam terpantau melemah 0,0234 poin atau 0,24% ke level 96,962 pada pukul 14.59 WIB.

Seperti diberitakan Reuters, angka nonfarm payrolls AS diperkirakan menunjukkan peningkatan 3 juta pekerjaan sepanjang bulan lalu. Namun, perkiraan sangat bervariasi dan data muncul ketika kekhawatiran tumbuh tentang apakah ekonomi AS dapat mempertahankan pemulihan saat infeksi coronavirus melonjak dan beberapa memberlakukan kembali batasan pada bisnis dan aktivitas pribadi.

“Reaksi apa pun yang masuk akal terhadap angka ini juga harus memperhatikan lonjakan kembali kasus virus corona,” kata kepala ekonomi di Mizuho Bank di Singapura, Wisnu Varathan. “Diperlukan ketukan yang kuat untuk meningkatkan sentimen. Kekurangan, terutama yang mungkin agak negatif, akan dengan cepat memperkuat bayang-bayang keraguan yang dilemparkan pada rencana pembukaan kembali tanpa batas.”

Aktivitas manufaktur AS dilaporkan rebound lebih dari yang diharapkan pada bulan Juni, dengan indeks aktivitas manufaktur Institute for Supply Management (ISM) mencapai angka tertinggi dalam 14 bulan. Survei serupa dari China, Jerman, dan Prancis semuanya juga menunjukkan peningkatan dalam aktivitas pabrik, sedangkan National Employment Report ADP menunjukkan gaji Juni menambahkan hampir 2,4 juta pekerjaan.

Loading...