Manisan Khas India Gulab Jamun Kini Banyak Dijual di Situs E-Commerce

Gulab Jamun - food.ndtv.comGulab Jamun - food.ndtv.com

India yang sebagian besar penduduknya memeluk agama Hindu memang kerap mengadakan berbagai perayaan. Dalam setiap perayaan di India biasanya akan dihidangkan beragam masakan India termasuk manisan Gulab Jamun. Manisan lezat ini kerap dihidangkan ketika perayaan Diwali dan Ganesh Chaturthi. Meski demikian, kue bola yang mirip donat berlumur sirup ini sebenarnya bisa dihidangkan untuk berbagai acara.

Selain di India, gulab jamun juga menjadi kudapan di negara-negara lain seperti Sri Lanka, Nepal, Pakistan, dan Bangladesh. Negara India sendiri memang mengenal banyak jenis gula-gula alias manisan. Manisan jadi yang banyak dikonsumsi lantaran orang India kabarnya memang menyukai -makanan yang manis.

“Orang India tidak mengidamkan cokelat. Mereka mengidamkan gula. Selain gula-gula tradisional India, yang dimakan oleh hampir setiap orang setiap hari, bahkan cokelat batangan yang diproduksi secara massal di sini sebagian besar kandungannya adalah gula,” ujar Nitin Chordia, juru rasa cokelat bersertifikat di India, seperti dilansir BBC.

Cara membuat gulab jamun pun cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep gulab jamun bisa ditemukan di . Pasalnya, gulab jamun pada dasarnya dibuat dengan cara mencampur susu dengan tepung terigu dan soda kue supaya hasil akhirnya lebih mengembang. Tepung terigu sengaja digunakan hanya untuk media perekat supaya susu mudah dibentuk dan tak hancur ketika digoreng. Perlu diketahui bahwa manisan satu ini memang sangat kaya akan aroma susu.

Masakan-masakan khas India termasuk manisan gulab jamun hingga kini kerap disajikan di berbagai hotel berbintang yang ada di Indonesia, terutama ketika festival khusus bernuansa India. Makanan India memiliki karakteristik yang kaya akan rempah-rempah dan sayuran dalam penyajiannya. Hingga kini banyak orang termasuk penduduk Indonesia yang memiliki ketertarikan akan kuliner khas India.

Di sejumlah Indonesia rupanya sudah ada beberapa pedagang yang menjual manisan India Gulab Jamun. Beberapa ada yang membuatnya sendiri alias homemade dengan berkisar mulai dari Rp 45 ribuan hingga Rp 160 ribuan. Ada pula yang menjual kemasan kaleng dengan antara Rp 60 ribu hingga Rp 145 ribuan.

Loading...