Manisan Agar-Agar, Alternatif Cemilan Kaya Nutrisi

Manisan Agar-Agar - resepmanisan.blogspot.comManisan Agar-Agar - resepmanisan.blogspot.com

Manisan agar-agar dapat dikatakan sebagai cemilan manis yang dapat Anda sajikan untuk . dari manisan ini tentu saja agar-agar.

Agar-agar, agar, atau agarosa adalah zat yang biasanya berupa gel yang diolah dari rumput atau alga. Di Jepang dikenal dengan nama kanten. Orang Sunda menyebut agar-agar dengan lengkong.

rumput laut ini adalah Eucheuma spinosum (Rhodophycophyta). Beberapa jenis rumput laut dari Phaeophycophyta (Gracilaria dan Gelidium) juga dapat dipakai sebagai sumber agar-agar.

Agar-agar biasanya dimakan begitu saja, tanpa dicampur dengan bahan atau lainnya. Tetapi, seringkali Anda temukan ini sebagai isi dari minuman, misalnya es campur. Selain itu, agar-agar bisa juga dibuat manisan.

Untuk membuat manisan agar-agar, cara membuatnya pun terbilang mudah. Anda dapat mencoba resep dari Tiara Kusumawardhani berikut ini:

  1. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan, seperti 3 bungkus agar-agar, 600gr gula pasir, 375cc air, 4 sdm selai strawberry (sesuai selera), pewarna merah secukupnya.
  2. Pertama-tama, rebus semua bahan sampai mendidih (seperti membuat agar-agar biasa), kemudian tuang ke loyang. Diamkan hingga dingin dan keras.
  3. Setelah itu, potong dengan pisau. Bagian ini dapat disesuaikan dengan selera Anda, jika ingin tampilan lebih cantik, disarankan memakai pisau yang bergerigi.
  4. Selanjutnya, susun di loyang datar, beri jarak sedikit diantara adonan, lalu jemur sambil sesekali dibolak-balik agar rata keringnya.
  5. Sebagai catatan, penjemuran biasanya memerlukan waktu lebih dari 2 hari saat cuaca cerah. Kalau mendung atau berawan, maka kristal gulanya susah keluar.
  6. Jika sudah keluar kristal gulanya dan jika dipegang sudah keras, berarti manisan agar-agar sudah jadi.
  7. Supaya awet, simpan dalam toples.

Agar-agar merupakan sumber kalsium dan zat besi, serta kaya serat. Makanan ini tidak mengandung gula, dan . Agar-agar dikenal karena baik untuk pencernaan dan mengurangi berat badan.

lainnya adalah membuang zat-zat berbahaya keluar dari tubuh. Agar-agar biasanya juga dikonsumsi sembelit, menyembuhkan peradangan, menenangkan liver, dan bermanfaat untuk paru-paru.

Namun, cara pengolahan yang tidak benar menjadikan rumput laut kehilangan nutrisinya. Menurut pakar gizi, Prof. Dr. Ahmad Sulaeman, PhD menyatakan bahwa rumput laut yang dijadikan agar-agar atau jelly tidak lagi mempunyai kandungan mineral.

Ia juga menjelaskan, rumput laut yang sudah menjadi bahan minuman kalengan atau dijadikan bahan tambahan dalam minuman juga demikian. Ketika dikonsumsi, Anda hanya akan mendapatkan manfaat seratnya saja.

Jika ingin mendapatkan nutrisi lengkap dari rumput laut, konsumsi dalam keadaan masih segar, atau dibuat manisan.

“ Bagusnya yang masih segar. Setelah dicuci, dimakan langsung untuk salad. Bisa juga dibuat manisan, tapi perhatikan bahan pewarnanya. Jangan terlalu banyak,” ujar Prof.Ahmad.

Loading...