Manis & Menyegarkan, Buah Leci 1 Kg Dibanderol dengan Harga Terjangkau di Pasaran

Buah Leci - www.dapurprima.comBuah Leci - www.dapurprima.com

Leci termasuk buah-buahan yang cukup di berbagai belahan dunia, termasuk . Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah leci juga memiliki banyak untuk . Tak heran bila buah leci kerap diolah dan dijadikan berbagai hidangan ketika momen-momen tertentu. Selain dalam keadaan buah yang masih segar, banyak pula yang menjual leci dalam kemasan kalengan dengan bervariasi.

Harga buah leci per 1 kg dijual sekitar Rp 21 ribuan. Buah leci kerap diolah menjadi beragam atau minuman yang menggugah selera. Tampilan luarnya sepintas mirip buah rambutan namun tanpa ‘rambut’ di bagian kulitnya. Buah yang kulitnya berwarna merah ini memiliki tekstur yang lembut, berair, dan rasanya manis.

Meskipun rasanya enak, nyatanya buah leci juga mengandung racun yang akan sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam kondisi perut masih kosong atau dimakan oleh orang yang mengalami malnutrisi. “Ide bahwa segala sesuatu yang alami baik untuk anda belum tentu sepenuhnya benar. Kita makan (buah dan) sayuran yang berpotensi mengandung sesuatu yang buruk,” ujar profesor neurologi dan ilmu kesehatan kerja di Universitas Ilmu Pengetahuan dan Kesehatan Oregon, Peter Spencer, seperti dilansir CNN.

Beberapa waktu lalu di Kota Muzaffarpur, India ribuan anak mengalami sakit karena demam dan kejang-kejang. Anak-anak tersebut ditengarai menunjukkan demikian karena terkena racun dari buah leci mentah. Racun dari leci mentah yang dipadukan dengan rendahnya gula darah menyebabkan kadar gula darah makin rendah atau hipoglikemia. Racun tersebut menghambat produksi gula dalam tubuh yang bisa semakin berisiko jika penderitanya tidur dan kadar gula darah menurun.

Keracunan buah leci mentah ini bisa berujung pada ensefalopati, perubahan fungsi otak. “Racun alami pada leci berhubungan dengan keracunan yang berakibat pada enfaselopati. Ini sangat mungkin ketika metabolisme glukosa terganggu, Anda mendapat tambahan metabolisme yang punya efek racun juga,” ungkap pemimpin investigasi di Muzaffarpur, dr. Padmini Srikantiah.

Oleh sebab itu, jika ingin mengonsumsi buah leci pastikan jika buah yang hendak disantap tersebut berada dalam kondisi sudah dicuci bersih dan perut dalam kondisi sudah makan atau sarapan sebelumnya.

Loading...