Manfaat Beragam, Ini Harga Terpal per Roll di Pasaran

Harga Terpal per Roll - www.tokopedia.comHarga Terpal per Roll - www.tokopedia.com

JAKARTA – Terpal merupakan salah satu yang memiliki beragam manfaat. Lembaran yang terbuat dari bahan umumnya memiliki sifat tahan air sehingga sering digunakan sebagai pelindung ikan hingga tenda dalam suatu acara atau pesta. Selain per m2, terpal juga ditawarkan per roll dengan ratusan ribu sampai jutaan .

Jika Anda menelusuri beberapa situs jual beli , banyak penjual yang menawarkan terpal per roll. Terpal tipe A2 berukuran 2 x 100 meter misalnya, dijual dengan harga berkisar Rp680 ribuan per roll, sedangkan terpal tipe A3 ukuran 2 x 100 meter dilepas mulai Rp800 ribu sampai Rp900 ribuan per roll. Sementara, untuk terpal tipe A5 ukuran yang sama ditawarkan dengan harga Rp830 ribu sampai Rp1,1 jutaan per roll.

Untuk kualitas di atasnya, ada terpal tipe A8 yang saat ini tersedia dalam pilihan warna blue-orange, hijau-hijau, atau blue-silver dengan harga berkisar Rp1,4 juta per roll berukuran 2 x 100 meter dengan berat 41 kg. Sementara, untuk terpal tipe A12, dijual mulai harga Rp1,7 juta per roll untuk warna blue-orange hingga Rp2 jutaan per roll untuk warna salur.

Seperti dijelaskan di atas, manfaat terpal sangat beragam. Salah satu yang cukup populer adalah dijadikan media untuk memelihara atau membudidayakan ikan. Selain di tambak, banyak peternak yang memelihara ikan di kolam terpal. Dengan modal yang relatif kecil, keuntungan yang bisa diperoleh dikatakan cukup tinggi.

“Cukup dengan kolam buatan menggunakan bahan terpal, dengan rangka bambu atau besi, namun dengan kualitas air yang ditingkatkan menggunakan mesin aerator yang memasok sirkulasi oksigen dalam kolam,” ujar Doli Pardede, peternak asal Samosir, dilansir Berita Satu. “Untuk pemula yang ingin berbisnis, cukup mengeluarkan kocek Rp6 juta sebagai modal awal, yang bisa membuat dua kolam berukuran 2,5 meter.”

Dia menjelaskan, untuk satu kolam lele yang berhasil dipanen itu, bisa mencapai 4 kuintal lebih, dengan rata-rata 8 ekor per kilogram. Satu kali panen, omzet yang diperoleh untuk satu kolam bisa mencapai Rp7 juta sampai Rp8 juta. “Untuk pemasaran, kami lebih banyak ke lesehan, rumah makan, dan -pasar tradisional,” sambung Doli.

Loading...