Mampu Tiru Suara Burung Lain, Berapa Harga Srigunting Hitam?

Srigunting Hitam - (Youtube: TIMKICAU)Srigunting Hitam - (Youtube: TIMKICAU)

JAKARTA – Bagi para , pasti sudah tidak asing lagi dengan Srigunting hitam. Ini adalah salah satu burung yang dikatakan memiliki kemampuan menirukan suara burung lain, termasuk burung predator atau pemangsa. Di pasaran dalam negeri, satu ekor burung Srigunting hitam sekarang ditawarkan di kisaran ratusan ribu .

“Burung Srigunting hitam memiliki postur seperti burung Srigunting lainnya, dengan panjang tubuh sekitar 29 sampai 30 cm. Sesuai dengan namanya, warna burung ini hitam legam mengilap, dengan bentuk paruh relatif kecil,” tulis Omkicau.com. “Keindahan burung Srigunting hitam bisa terlihat dari bentuk ekornya yang sangat panjang, dengan ujung ekor berbentuk seperti garpu.”

Memiliki warna hitam legam, tidak aneh jika kemudian burung Srigunting hitam juga sering dijuluki sebagai Raja Gagak. Sebagaimana burung Srigunting Afrika yang berani melawan elang, nyali Srigunting hitam juga terbilang hebat. Mereka dikatakan berani menyerang dan mengusir burung gagak atau burung pemangsa lain yang masuk ke teritorial mereka.

“Makanan utama burung ini adalah serangga, yang umum ditemukan di lahan maupun terbuka dalam wilayah penyebarannya,” sambung Omkicau.com. “Kegiatan mereka sehari-hari adalah bertengger di puncak-puncak atau tiang listrik/telepon untuk mengamati wilayah kekuasaannya dari kemunculan serangga atau burung lain.”

Di kalangan pencinta burung, kicau yang dimiliki burung Srigunting hitam dikatakan cukup unik. Pasalnya, spesies ini mampu menirukan suara burung lain, termasuk burung predator atau burung pemangsa (birds of prey). Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak yang menjadikan burung Srigunting hitam sebagai hewan peliharaan.

Tidak susah mendapatkan burung Srigunting hitam. Jika Anda mengidolakan burung ini, Anda bisa membelinya di berbagai hewan maupun forum jual beli di internet atau media sosial. Di pasaran dalam negeri, harga burung Srigunting hitam bervariasi, mulai Rp100 ribuan per ekor untuk varian paling standar hingga Rp500 ribuan per ekor untuk yang bisa gacor atau berkicau.

Loading...