Mampu Simpan Es Lebih Lama, Harga Termos Es Kecil Dibanderol Terjangkau

Ilustrasi termos es - www.11street.my

Beberapa jajanan lawas seperti es lilin, es mambo, atau es krim rumahan ternyata masih memiliki penggemar. Dengan bermodalkan termos es kecil yang dititipkan ke -toko kecil, rupanya berdagang es lilin bisa membawa keuntungan yang cukup menjanjikan. Es lilin termasuk jajanan yang cukup disukai karena biasanya dengan yang terjangkau dan rasanya pun variatif.

Salah satu pedagang es lilin asal Padang bernama Novi Nazar mengkreasikan es tapai yang saat ini berhasil menjadi sumber pendapatan utama untuknya. Awalnya Novi membuat es tapai hanya untuk kebutuhan anaknya, namun ia pun perlahan mulai menjual es tapai dalam jumlah besar, mulai dari 40 bungkus es tapai dengan harga Rp 1.000 per bungkus. Setelah laris manis, ia pun memproduksi hingga 50 bungkus.

Puas dengan es tapai, Novi juga membuat es lilin yang juga dihargai Rp 1.000 per bungkus untuk dititipkan di kedai-kedai terdekat. Novi membuat 12 rasa, yakni es lilin rasa coklat, rasa nangka, kacang hijau, rasa air mata pengantin, melon, dan leci. Tak disangka, dagangan es lilin Novi juga disambut antusias oleh .

Dalam sehari Novi mampu memproduksi rata-rata 400 bungkus es lilin. “Ada enam termos yang saya titipkan di enam sekolah. Kalau di kedai tak perlu termos karena kedai yang dipilih yang telah punya kulkas. Kalau ditaruh di mini market, saya harus menyediakan kulkas. Itulah yang belum saya punya,” ujar Novi.

Nah, jika ingin memulai es lilin seperti Novi, modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Selain kulkas, setidaknya Anda juga membutuhkan termos es kecil agar es lilin lebih tahan lama. Saat ini sudah banyak termos es kecil berkualitas di . Termos es kecil kapasitas 3,5 liter merek Lion Star misalnya, dijual murah dengan harga Rp 78 ribuan saja. Kemudian ada pula termos es kotak atau cooler box Lion Star 5,5 liter yang harganya Rp 130 ribuan. Apabila membeli termos es baru dianggap terlalu mahal, tak ada salahnya membeli termos es bekas yang kondisinya masih bagus.

Loading...