Mampu Redakan Maag, Harga Tepung Sagu Tahun 2017 Mulai Rp4 Ribu per Kg

Tepung Sagu - manadopostonline.comTepung Sagu - manadopostonline.com

Di beberapa di , sagu biasanya dijadikan sebagai makanan pokok. Sementara, di beberapa lain, olahan tepung sagu dipakai sebagai salah satu bahan pokok berbagai macam . Namun, tidak cuma sebagai bahan makanan, tepung sagu (berbentuk kering) yang kini dijual di kisaran Rp4.000 sampai Rp5.000 per kg tersebut ternyata dapat menjadi mujarab untuk menyembuhkan maag kronis.

Disitat dari Kabar Makassar, tepung sagu terbukti efektif dalam meredakan serta mengobati maag. Pasalnya, dari beberapa makanan pokok lainnya, sagu merupakan bahan makanan pokok yang paling sedikit mengandung kadar gula yang berbahaya bagi tubuh, dan kandungan nutrisi di dalamnya dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti makanan pokok.

“Ambil tepung sagu secukupnya, lalu tuangkan dalam gelas berukuran sedang, kemudian tambahkan air hangat dan aduk merata, tetapi jangan sampai terlalu kental,” tulis laman tersebut. “Setelah itu, tambahkan gula aren yang sebelumnya telah dihaluskan, lalu beri sedikit garam dan aduk hingga merata. Setelah rata, minum secara teratur tiga kali sehari sebelum makan.”

Di samping itu, tepung sagu yang telah diolah menjadi beras sagu juga diklaim baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes. Ini karena beras sagu memiliki indeks glikemik yang paling rendah dibandingkan beras lainnya. Jika kita makan nasi dari beras sagu sebanyak 100 gram misalnya, dalam empat jam indeks glikemik-nya hanya 25 sampai 30.

“Sagu yang sudah dijadikan tepung oleh bantuan mesin dicampur dengan air dan beras merah, untuk mendapatkan tekstur yang mirip beras dari padi,” papar staf peneliti agroindustri Badan Penerapan dan Pengkajian (BPPT), Ambar Dwi Kusumawati. “Setelah tercampur, kemudian dikukus, lalu kita masukkan ke sebuah mesin bernama mesin extruder yang berfungsi mencetak wujud yang diinginkan, misalnya bentuk beras atau bahkan makaroni.”

Saat ini, tepung sagu kering ditawarkan dengan harga mulai Rp4.000 per kilogram, sedangkan tepung sagu basah dijual dengan harga mulai Rp2.500 hingga Rp3.000 per kilogram. Jika sudah masuk minimarket dan dikemas, harga tepung sagu bisa berkisar Rp7 ribuan hingga Rp13 ribuan untuk kemasan 500 gram atau setengah kilogram, tergantung tepung sagu yang bersangkutan.

Loading...