Makin Populer, Harga Bitcoin Hari Ini Capai Rekor Tertinggi $ 5.013,91

Bitcoin - fortune.comBitcoin - fortune.com

Setelah sempat diperdagangkan di level 4.800 untuk pertama kalinya pada (31/8) lalu, hari ini, Sabtu (2/9) menyentuh level tertinggi di angka USD 5.013,91 (Rp 66 jutaan). Sayangnya lonjakan tersebut tak berlangsung lama dan kini stabil di angka USD 4.900,35 atau sekitar Rp 65,3 jutaan. Sementara itu berdasarkan data dari Coindesk, total pangsa pasar dari BTC kini berada di kisaran USD 80,96 miliar.

Sejak awal tahun 2017 lalu, bitcoin telah naik lebih dari 400% dan berhasil memberikan keuntungan yang berlipat ganda pada para investornya. Apapun yang menyebabkan rally tajam bitcoin tahun ini, para mencermati beberapa utamanya, termasuk meningkatnya minat masyarakat terhadap cryptocurrency.

“Tak diragukan lagi bahwa aset digital ini mengalami peningkatan minat, terutama pada bagian profesional dan dana,” kata manajer dana cryptocurrency, Jacob Eliosoff, seperti dilansir Forbes.

“Selain penerimaan yang meningkat di ini, digital juga diuntungkan dari tren lainnya. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa kelas aset ini menjadi sangat menarik pada saat terjadinya kekacauan politik,” kata Sean Walsh, partner di Redwood City Ventures.

Tak hanya itu, beberapa analis percaya bahwa bitcoin semakin populer karena pemberitaan tentangnya pun semakin meningkat intensitasnya di . Hal ini seolah menjadi indikasi bahwa volume kepemilikan bitcoin pun juga bertambah.

Bukti lebih lanjut terkait ketertarikan pasar terhadap mata uang digital dapat dilihat dari arus masuk dalam dunia cryptocurrency yang lebih luas. Total pangsa pasar keseluruhan mata uang digital telah naik tajam tahun ini mencapai titik tertinggi sepanjang masa di atas USD 178 miliar, berdasarkan data dari CoinMarketCap. Perolehan pangsa tersebut sekaligus menunjukkan bahwa total pangsa pasar seluruh mata uang digital meningkat lebih dari 900% year to date (YTD).

Adanya penerapan sistem Segregated Witness (SegWit) pun turut membantu memberikan dorongan pada Bitcoin. SegWit sendiri ditujukan untuk meningkatkan transaksi bitcoin. “SegWit telah membuat blok Bitcoin dapat menyimpan lebih banyak transaksi dengan mengurangi ukurannya. Ini telah membantu melepaskan ‘tekanan’ pada jaringan,” kata Charles Hayter, salah satu pendiri dan CEO CryptoCompare.

Loading...