Makin Lunglai, Rupiah Awali Selasa dengan Melemah 0,36%

Rupiah - bangka.tribunnews.comRupiah - bangka.tribunnews.com

JAKARTA – Nilai tukar terhadap AS belum beranjak dari zona merah pada pembukaan Selasa (11/12) ini. Seperti dilaporkan Bloomberg Index, Garuda mengawali dengan melemah 52 poin atau 0,36% ke level Rp14.605 per dolar AS. Sebelumnya, spot sudah berakhir terdepresiasi 73 poin atau 0,50% di posisi Rp14.553 per dolar AS pada Senin (10/12) kemarin.

Di sisi lain, indeks dolar AS sebenarnya juga bergerak melandai pada Selasa pagi. Mata uang Paman Sam terpantau terdepresiasi tipis 0,050 poin atau 0,05% ke level 97,169 pada pukul 07.58 WIB, melanjutkan penurunan di pembukaan. Sebelumnya, sempat ditutup menguat tajam 0,705 poin atau 0,73% di posisi 97,219 pada hari Senin.

“Pada perdagangan kemarin, ada dua hal yang memengaruhi penguatan dolar AS, yaitu eksternal dan internal,” papar kepala riset Samuel Aset Management, Lana Soelistianingsih, dilansir Detik. “ eksternal datang dari ketenagakerjaan AS yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Namun, permintaan dolar AS oleh pemerintah masih sangat tinggi, karena Desember adalah bulan pembayaran utang dan obligasi.”

Lana melanjutkan, kurs mata uang Garuda terhadap dolar AS kemungkinan membaik setelah pengumuman Federal Reserve mengenai kenaikan acuan. Pasalnya, dengan menaikkan acuan, artinya bank sentral AS mengonfirmasi adanya kekhawatiran resesi yang telah diprediksi oleh banyak pihak, sehingga greenback justru akan bergerak melemah.

Sementara itu, ekonom Bank Central , David Sumual, menambahkan bahwa mayoritas sentimen penekan rupiah berasal dari eksternal. Penangkapan putri pendiri Huawei, Meng Wanzhou, membuat hubungan antara AS dan China kembali tegang, yang akhirnya menarik perhatian pasar. Padahal, sebelumnya tensi perdagangan kedua negara sedikit mereda setelah ada ‘gencatan senjata’.

Menurut prediksi CNBC Indonesia, nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini berpotensi kembali melemah. Tanda-tanda depresiasi rupiah sudah terlihat di pasar Non-Deliverable Market (NDF). Ini adalah instrumen yang memperdagangkan mata uang dalam jangka waktu tertentu dengan patokan kurs tertentu pula. Pasar NDF seringkali memengaruhi psikologis pembentukan di pasar spot.

Loading...