Makin Diminati, Ini Harga Pasang Gypsum per Meter dan Borongan di Bandung

Gypsum (gipsum) - www.dekoruma.comGypsum (gipsum) - www.dekoruma.com

Gypsum (gipsum) merupakan salah satu material yang semakin diminati oleh , tidak hanya untuk pemasangan atap dan plafon, tetapi juga untuk dinding . Jika Anda berdomisili di dan sekitarnya, ada banyak pasang gypsum, baik per meter maupun secara borongan, yang mematok mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Sebuah jasa di Bandung mematok harga mulai Rp60 ribuan hingga Rp75 ribuan per meter persegi untuk pasang plafon gypsum tanpa rangka, sedangkan pasang gypsum Jaya Board plus plafon dan rangka dipatok dengan harga Rp100 ribuan hingga Rp120 ribuan per meter persegi, dan harga pasang plafon gypsum Elephant plus rangka holo sekitar Rp90 ribuan sampai Rp100 ribuan per meter persegi.

Sementara, untuk pemasangan gypsum A plus dengan rangka holo dikenakan mulai Rp85 ribuan hingga Rp110 ribuan per meter persegi, dan pemasangan list profil gypsum mulai Rp10 ribuan x lebar list sampai dengan Rp15 ribuan x lebar list. Harga-harga tersebut berlaku untuk volume 50 meter persegi, sedangkan untuk pekerjaan di bawah 50 meter persegi dikenakan harga borongan.

“Meskipun punya bobot lebih ringan dari batu bata, tetapi gypsum mampu menahan berat hingga 130 kg,” kata Managing Director PT Saint-Gobain Construction Products Indonesia (SCGPI), Hantarman Budiono. “Selain itu, keunggulan gypsum lainnya adalah lebih mudah dipotong, diperbaiki, dan mudah dibuat mulus seperti sedia kala. Misalnya, ketika Anda hendak memasang TV di dinding gypsum, Anda dapat langsung mengebor dinding tersebut tanpa kesulitan mencari tulang dinding.”

Sayangnya, jika dibandingkan dengan lain, penggunaan gypsum di Indonesia bisa dikatakan masih rendah. Berdasarkan yang dikutip Rumah.com, pemakaian gypsum di Tanah Air baru sekitar 0,4 persen per kapita, jauh di bawah tetangga seperti Singapura yang sebesar 1,3 persen, atau Eropa yang mencapai 4 persen dan AS yang sudah sekitar 7 persen.

“Sebagian pihak menganggap bahwa gypsum ini barang yang mahal, padahal itu tidak benar,” sambung Budiono. “Gypsum ini justru produk bahan bangunan yang murah sekaligus multifungsi. Tidak hanya ramah , penggunaan gypsum bahkan bisa menekan biaya produksi pengembang sampai 20 persen, serta waktu pengerjaan yang 30 persen lebih cepat.”

Loading...