Makin Diminati, Berikut Harga Bata Ringan (Hebel) per M3 di Pasaran

Bata Ringan (Hebel) - peachester.com.auBata Ringan (Hebel) - peachester.com.au

Bata ringan atau hebel kini semakin diminati untuk membangun properti karena memiliki banyak jika dibandingkan bata merah. Karena itu, tidak mengherankan jika ini terus meningkat. Di pasaran sendiri, bata ringan sekarang ditawarkan di kisaran Rp500 ribuan sampai Rp750 ribuan per m3.

Bata ringan sering disebut dengan nama Autoclaved Aerated Concrete atau AAC. Material ini diproduksi dengan menggunakan mesin-mesin yang canggih, berbeda dengan bata merah atau batako yang masih diproduksi dengan cara tradisional. Umumnya, bata ringan banyak digunakan untuk mendirikan bangunan di kota dan untuk gedung bertingkat.

“Keunggulan (bata ringan) ini banyak. Pertama, lebih ringan dari bata tradisional, bahkan lebih ringan tiga kali lipat,” kata Presiden Direktur PT Maccon Generasi Muda, Lukito H. Lawy, seperti dilansir Tribun Timur. “Keunggulan lainnya adalah presisi. Toleransi presisi bata ringan cukup 2 mm. Presisi ini bisa menghemat pemakaian plester dan menekan waktu pemasangan.”

Ia menambahkan, untuk bahan baku, bata ringan juga lebih unggul karena terbuat dari bahan non-organik. Bata ringan sendiri memiliki sifat turunan dari beton. Bahan baku bata ringan dan semen juga 90 persen sama. Semen menggunakan pasir silika, kapur, dan gypsum, sedangkan bata ringan juga ditambah dengan aluminium pasta.

“Terkait harga, bata ringan memang lebih mahal jika dibandingkan dengan bata merah,” sambung Lukito. “Namun, jika membangun sebuah rumah hingga selesai dengan menggunakan bata merah dan bata ringan, maka cost rumah yang menggunakan bata ringan akan lebih hemat. Bata ringan salah satunya menghemat untuk pengerjaan dinding.”

Saat ini, tidak sulit mendapatkan bata ringan atau hebel. Selain di toko bahan-bahan bangunan, banyak yang menawarkan material ini melalui situs jual beli online. Di beberapa situs e-commerce lokal, harga bata ringan sekarang berada di kisaran Rp500 ribuan sampai Rp750 ribuan per m3 untuk area Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor, dengan ukuran tebal 7,5 cm atau 10 cm.

Loading...