Makin Digemari, Berikut Kisaran Biaya Kursus Barista di Jakarta

Biaya, kursus, barista, peracik, meracik, kopi, coffee shop, kedai kopi, bisnis, popularitas, sekolah, pembuat kopi, pendaftar, jenis, kelas, trainer, ICA, kurikulum, Jakarta, passion, bidang, paket, mengolah, olahan, biji, roasting, class, espresso, brewing, teknik, manual, otomatisIlustrasi: mengoperasikan mesin pembuat kopi

Beberapa tahun terakhir, coffee shop semakin ramai. Seiring dengan menanjaknya popularitas , barista atau pembuat pun kemudian ramai dan diminati. Beberapa sekolah barista dikabarkan menerima banyak pendaftar. Ini tak lain disebabkan makin ramainya kopi, dan di setiapnya membutuhkan setidaknya satu barista andalan yang mampu meracik kopi.

“Asal mulanya karena lagi ramai kopi, jadi konsumen mendatangi coffee shop. Setiap kedai kopi, pasti membutuhkan pekerja,” demikian disampaikan Borie, Coffee Chief, kedai kopi Coffee House (JCH), dilansir CNN.

JCH sendiri memiliki sekolah barista bernama Barista and Coffee Institute di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan. Sejak berdiri pada 2016 silam, animo publik untuk belajar mengenai barista dan dunia kopi cukup besar. Mereka begitu antusias dengan beragam motivasi. “Ada yang hanya ingin tahu dan (ada juga) yang benar-benar ingin jadi barista,” katanya.

Ragam motivasi mengikuti sekolah atau kursus juga ditemui Head Trainer ABCD School of Coffee, Willyanto. Sekolah yang berdiri sejak 2013 ini telah melahirkan banyak pemilik coffee shop, bahkan jawara nasional untuk kompetisi mencicip kopi atau cupping. “(Motivasinya) ada yang cuma disuruh oleh orang tuanya. Suruh ikut, tapi habis itu gak buka coffee shop. Ada yang karena penasaran mau buat kopi kayak gimana karena sekarang kopi berkembang,” katanya.

Apapun motivasinya, mereka tetap diterima dan belajar tentang kopi, baik dari segi pengetahuan maupun praktik langsung. Sekolah atau tempat kursus menyediakan beragam ‘menu’ materi sesuai kebutuhan.

Siapapun dan dari latar belakang apapun bisa mengikuti kelas. Bahkan, ABCD School of Coffee pernah menerima berusia 12 tahun. Di sisi lain, Borie mengatakan semua orang bisa belajar membuat kopi, tapi seorang barista harus punya passion terhadap apa yang ia kerjakan. Tak hanya meracik kopi, tapi juga ada perasaan yang tertuang dalam profesinya. Hal ini tak dibangun dalam hitungan hari.

“Dasar yang harus diketahui adalah syaratnya ialah suka minum kopi. Kalau saya analogikan barista itu adalah penghulu, mengawinkan antara kopi dan mesin kopi. Dia mengerti,” paparnya.

Selain itu, Indonesia Coffee Academy (ICA) yang sudah berjalan selama kurang lebih 8 tahun juga membuka kelas reguler bagi mereka yang ingin memperdalam pengetahuan tentang kopi. Ada tujuh kelas terbuka umum, yaitu Basic Espresso, Latte Art, Coffee Cupping, Manual Brewing, Advanced Espresso, dan Class.

Tiap kelas memiliki durasi belajar berbeda-beda. Untuk kelas Basic Espresso, dengan Rp3 juta, peserta akan belajar selama tiga hari tentang biji kopi, pengenalan alat espresso, latihan, hingga teknik mengolah susu.

Kurikulum pun dibuat se-update mungkin, mengikuti tren kopi yang ada. Misalnya, jika dulu orang mengenal kopi espresso menggunakan biji kopi dark roast. Seiring zaman, ternyata kopi light roast juga disukai. “Tahun lalu, kami membuka Roasting Class, mengikuti minat orang yang kini juga ingin mengolah biji kopi favoritnya sendiri,” jelas Ryo Limijaya, Marketing Manager Anomali Coffee kepada Femina.

Kebanyakan peserta kursus adalah mereka yang ingin terjun ke bisnis kopi, seperti menjadi barista atau membangun kedai kopi. Jadi, tidak mengherankan jika kelas Special Training Package untuk Barista Technique (Rp4,5 juta) dan Full Training (Rp8 juta) ICA tak sepi peminat. Meski begitu, tak sedikit pula peserta yang datang untuk belajar karena sekadar hobi kopi.

Kelas Basic Espresso, Manual Brewing (membuat kopi dengan teknik manual), dan Coffee Cupping (teknik icip-icip kopi) termasuk yang jadi favorit. Para trainer ICA juga bukan sembarang orang. Mereka dipilih dari jajaran barista Anomali yang memiliki kepiawaian dan passion besar di kopi.

Loading...