Tawarkan Debit Chip & GPN, Ini Macam-Macam Kartu ATM Bank Mandiri

Bank Mandiri - www.kompasiana.com

Hampir setiap bank besar di Indonesia menerbitkan kartu debit untuk memudahkan para dalam bertransaksi di mesin-mesin ATM. Tak terkecuali dengan Bank Mandiri yang menawarkan beberapa macam kartu ATM. Secara umum ada 2 kartu ATM Mandiri, yakni Mandiri debit chip dan yang baru adalah Mandiri debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Adapun untuk Mandiri debit chip masih dibagi lagi menjadi 2 kategori, yakni Mandiri Reguler yang menyediakan kartu ATM berjenis Silver, Gold, dan Platinum. Kemudian ada Mandiri Bisnis dengan 2 pilihan kartu ATM, yaitu Gold dan Platinum saja. Tak jauh berbeda, kartu Mandiri Debit GPN tersedia dalam 3 pilihan, yaitu Silver, Gold, dan Platinum.

Dibandingkan debit chip biasa, kartu ATM Mandiri GPN menawarkan kelebihan berupa sistem yang mengintegrasikan sejumlah kanal pembayaran untuk memungkinkan transaksi bisa dilakukan seluruh masyarakat Indonesia sekaligus menikmati transaksi yang aman, berkualitas, dan juga efisien. Dengan demikian, nasabah tak perlu lagi mencari mesin EDC dari bank yang sama dengan kartu debit GPN. Sayangnya, untuk sementara ini kartu debit GPN hanya bisa dilakukan untuk transaksi domestik (dalam negeri).

Proses penggantian kartu ATM lama dengan kartu ATM terbaru berlogo GPN juga cukup mudah, nasabah hanya perlu melakukan verifikasi data di bank yang bersangkutan dan kemudian bisa mendapatkan kartu ATM GPN secara . “Kartu berlogo GPN ini untuk mendukung program dari BI. Biaya (transaksi dan administrasi) lebih murah, tapi memang hanya bisa digunakan di dalam negeri,” kata Medyawati, customer service (CS) Bank Mandiri di Wisma Mandiri , seperti dilansir Tirto.

Corporate Secretary PT Bank Mandiri Tbk Rohan Hafas menambahkan, pada awal bulan April 2018 lalu pihaknya telah menerbitkan 500 ribu kartu ATM berlogo GPN. “Untuk nasabah, mereka bisa langsung menukarkan kartu di cabang. Namun bagi yang masih perlu untuk ke luar negeri, Bank Mandiri bisa mengakomodasi. Jadi satu nomor , tapi bisa ada satu kartu lama (Visa/Mastercard) dan satu lagi dengan logo GPN,” pungkas Rohan.

Loading...